Kawal Suara, Tim Jokowi – JK Siapkan Saksi

Wajo, MC – Mengawal perolehan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang akan dilaksanakan 9 Juli mendatang, partai pengusung pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla siapkan satu saksi per-TPS (tempat pemungutan suara), PPS dan PPK.

Fungsi-nya adalah, untuk mengantisipasi terjadi-nya kecurangan yang bisa saja terjadi dalam proses pemilihan masing-masing TPS.

Seperti yang di-lakukan oleh tim pemenangan Jokowi – JK di Kabupaten Wajo, Ketua Partai PDI-P Wajo, Hj Husniaty HS menyiapkan saksi TPS, PPS dan PPK.

Diterangkan, untuk tingkat bilik suara, tim JK persiapkan 947 saksi untuk 944 TPS di Kabupaten Wajo. Sementara untuk PPS dipersiapkan personil sebanyak 179 orang dari 176 desa dan kelurahan.

“Begitupula pada tingkat PPK, kami siapkan 14 personil untuk 14 Kecamatan,” ungkap Husni, Selasa, 24/6.

Dijelaskan, hingga kini, diri-nya baru sebatas menyiapkan personil. Adapun masalah honor bagi petugas ini, Caleg incumbent terpilih lima tahun kedepan ini belum bisa beri keterangan.

“Saya belum tahu, berapa nanti honor yang disiapkan kepada masing-masing personil. Jelas-nya, kita siapkan saja petugas-nya, tekhnis-nya akan diatur selanjut-nya” ucap Husni.

Sementara itu, KPUD Wajo melalui Divisi Tekhnis-nya, A Bau Salman menjelaskan bahwa perekrutan saksi masing-masing dikembali-kan kepada para kandidat.

“Setiap pasangan calon dapat memberi mandat kepada saksi-nya untuk menjadi saksi di TPS, satu saksi per-TPS,” ungkap Salman. (aci)