Kebakaran Beruntung, Wabup Wajo Akan Hearing PLN dan Pengelola Jargas

Wajo, MC – Musibah kebakaran secara beruntung dalam sepekan terakhir di Kabupaten Wajo akan ditindak lanjuti oleh pemerintah Kabupaten Wajo. Sedianya, pemerintah akan memanggil lembaga atau perusahaan yang keberadaan-nya resisten dengan potensi terjadi-nya kebakaran.

Rencana-nya, pemerintah akan melakukan hearing dengan pengelola jaringan gas (Jargas), pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN), Kepolisian dan para Instansi Pemerintah terkait lain-nya untuk membicarakan masalah kebakaran.

“Kita akan undang lembaga atau perusahaan yang resisten dengan kebakaran. Dalam pertemuan itu, kita tidak lagi membicarakan tentang cara memadamkan kebakaran, namun yang perlu dibedah adalah bagaimana mengantisipasi terjadi-nya musibah kebakaran,” ungkap Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda saat menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Jl Muhammadiyah, Senin, 4/8.

Musibah kebakaran, lanjut Syahrir, sebenarnya adalah kehendak yang kuasa. Namun, jangan keyakinan itu membuat masyarakat dan pemerintah berpangku tangan sehingga tidak berupaya mencarikan solusi agar tidak terulang.

Belakangan, setiap kali terjadi kebakaran, opini yang berkembang disebabkan adanya kesalahan tekhnis pekerjaan dari perusahaan tertentu, misal-kan saja penyebab kebakaran karena adanya hubungan arus pendek listrik ataukah alasan kebocoran pipa gas.

“Untuk itu kita akan ulas kebenaran-nya, apakah opini yang berkembang tersebut benar ada-nya ataukah sebalik-nya. Terlebih, setiap kali terjadi kebakaran, yang selalu dikambing hitam-kan adalah perusahaan. Jangan sampai opini itu benar, sementara kita hanya tinggal diam. Dari itu kita akan bahas dan bicarakan lebih lanjut dengan pihak-pihak perusahaan ini,” terang Syahrir. (aci)