Kedapatan Simpan Shabu, Polisi Bekuk Mahasiswa UNHAS

Wajo, MC – Salah seorang Mahasiswa Rintisan Pertanian Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar bernama A Sanianto Syafaruddin alias Anto bin A Syafaruddin (22) diamankan oleh pihak Kepolisian Resort (Polres) Wajo.

Dia dibekuk disalah satu rumah warga di Jl Latenribali Kelurahan Siengkang Kecamatan Tempe karena menyimpan narkotika jenis shabu. Penangkapan dilakukan pada hari Selasa, 2/12, sekitar pukul 20.30wita.

Kapolres Wajo AKBP Masrur mengungkap hal itu, Jumat, 5/12. Menurutnya, pelaku saat penggerebekan kedapatan menyimpan barang bukti (BB) narkotika jenis sabu dalam bungkus rokok merk sampoerna yang ditemukan dibawah tempat duduknya.

Saat itu, ujar Masrur, Anto mengaku BB tersebut dibeli dari seorang pria bernama Kullu (DPO) yang tidak diketahui alamatnya seharga Rp1,4juta.

BB yang ditemukan diantaranya, 10 sachet narkotika jenis sabu, 1 sachet kosong dan 1 buah pipet plastik yang diduga dijadikan sebagai sendok oleh pelaku.

“Saat ini, tersangka berikut barang bukti telah diamankan di Polres untuk menjalani proses selanjutnya,” pungkas Masrur.

Tidak hanya mengungkap penangkapan terhadap Mahasiswa UNHAS ini, Kapolres juga membeberkan aksi penangkapan terhadap pelaku lainnya yang diduga menyimpan, menguasai, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli barang haram ini.

Seperti yang dilakukan sehari sebelumnya, tepatnya pada hari Senin 1/12 sekitar pukul 18.30wita. Seorang pria bernama Naing alias Sonte bin H Baco umur 38 tahun diamankan oleh pihak kepolisian. Pria yang bekerja sebagai sopir mobil ini ditangkap di rumahnya di Desa Talo Tenreng Kecamatan Sabbangparu.

Masrur menceritakan, saat penangkapan Naing sedang memegang 1 buah tas kecil berwarna merah yang didalamnya terdapat 1 sachet narkotika jenis shabu, 4 sachet bekas pakai, 1 alat isap (bong), 3 buah pipet plastik sebagai sendok, 1 buah kaca pireks, 62 sachet kosong bening, 5 buah Korek api gas dan 1 buah Hp Merk Samsung.

“Sama seperti mahasiswa tadi, tersangka ini juga telah diamankan berikut barang buktinya,” terang Masrur kembali.

Lebih jauh, Kapolres menerangkan bahwa penangkapan terhadap pelaku narkotika juga dilakukan kepada masing-masing bernama Hendri Rianto alias Hendri alias Openg bin Jamal (23) dan Edi Yosi Malyadi alias Edi bin Jamal (22) di rumahnya Dusun Wattang Lowa Desa Lowa Kecamatan Tanasitolo, Rabu, 3/12 sekitar pukul 05.00wita.

Saat penggerebekan, jelas Masrur, BB ditemukan dalam saku celana tersangka Hendri yang kemudian diserahkan kepada Edi untuk disimpan di dekat televisi dalam rumahnya.

“Dari keterangan pelaku, tersangka Hendri sering memberikan upah pembeli rokok kepada Edi. BB yang ditemukan diantaranya ; 9 sachet narkotika jenis shabu dan 1 unit timbangan digital. Pelaku dan BB telah diamankan untuk menjalani proses pemeriksanaan oleh pihak kepolisian,” jelas Masrur.

Penulis : Nur Asri, SH