Kemarau, Wajo Siap Jadi Tuan Rumah Panen Raya Tingkat Nasional

1438777079408 Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru saat meninjau lokasi panen raya padi di kecamatan Maniangpajo

Wajo, MC – Kemarau dan kondisi kekeringan yang menjadi kekhawatiran pemerintah pusat melanda beberapa daerah lumbung pangan nasional rupanya tidak berpengaruh di Kabupaten Wajo.

Bahkan, dengan kondisi kemarau seperti saat ini dimana beberapa daerah lumbung pangan nasional terancam gagal panen karena kekeringan, kabupaten Wajo dengan luas lahan pertanian sebesar 100 ribu hektare lebih malah menyanggupi untuk menjadi tuan rumah bilamana pemerintah pusat ingin melaksanakan panen raya padi tingkat nasional.

“Wajo tidak khawatir terhadap kondisi kemarau seperti ini, Insya Allah meski jarang turun hujan, namun petani di Kabupaten Wajo tetap bisa panen. Bahkan bila pemerintah pusat berkenan melaksanakan panen raya secara nasional, kabupaten Wajo siap menjadi tuan rumah,” ujar Bupati kepada MEDIA CELEBES saat memantau perkembangan tanaman padi siap panen di kecamatan Maniangpajo, Rabu, 5/8.

Kesiapan pemerintah daerah kabupaten Wajo ini untuk melaksanakan panen raya padi tingkat nasional dikemukakan oleh Bupati setelah mendengar kabar tentang rencana kedatangan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman di Kabupaten Wajo.

Menteri kabinet kerja Jokowi – JK ini dikabarkan hadir di Wajo untuk mengikuti panen raya padi bersama masyarakat kabupaten Wajo pada pertengah bulan Agustus ini.

“Ini kami turun melakukan survey lokasi untuk menyambut kedatangan Bapak Menteri, rencananya beliau akan datang bersama Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo,” ujar Bupati sembari menunjuk hamparan tanaman padi siap panen di area persawahan warga. (aci)