Kemarin, MTs Mattirowalie Jalani Proses Akreditasi

Foto bersama Tim Asesor dan Pengawas Pendais kabupaten Wajo

Wajo, MC – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mattirowalie kecamatan Pitumpanua kabupaten Wajo hari ini (Rabu 25 Juli 2018) menjalani proses penilaian akreditasi. Proses penilaian akreditasi ini dilakukan oleh Drs Nurdin, M.Pd dan Rosmawati, S.Pd. M.Pd selaku tim asesor akreditasi propinsi Sulawesi Selatan.

Disela sambutan, Tim asesor akreditasi, Nurdin mengungkap bahwa proses akreditasi merupakan hal penting untuk mengangkat naik status yang disandang oleh tiap sekolah ataupun madrasah. Dengan mengantongi akreditasi, kata Dia, maka sekolah ataupun madrasah sudah bisa melaksanakan ujian nasional dan menerbitkan ijazah tersendiri berdasarkan peraturan yang berlaku.

“Jika sudah terakreditasi, tidak perlu lagi menumpang ke sekolah atau madrasah lainnya untuk mengikuti ujian nasional, begitupula dengan proses penerimaan bantuan dari pemerintah propinsi dan pusat akan lebih mudah jika sudah terakreditasi”, jelas Nurdin.

Rosmawati, tim asesor akreditasi mengutarakan bahwa proses akreditasi meliputi 8 standar penilaian dan harus dilakukan secara langsung disekolah atau madrasah. Ia membeberkan, tahun sebelumnya (2017, red), di kabupaten Wajo terdapat 7 sekolah yang mengikuti penilaian, dan pada tahun 2018 ini 3 sekolah dan madrasah diantaranya ; Mts Mattirowalie, Mts As’adiyah Palippu dan SMPN 4 Gilireng.

Mahyuddin, Pengawas Pendidikan Agama Islam (Pendais) tingkat madrasah kabupaten Wajo dalam sambutan penerimaannya menghaturkan ucapan terima kasih dan berharap kepada tim asesor untuk melakukan pembinaan, utamanya bagi sekolah atau madrasah yang menjalani proses penilaian akreditasi.

Pun kepada MTs Mattirowalie, Mahyuddin merasa bangga karena berhasil terpilih dibanding beberapa sekolah atau madrasah lainnya di kabupaten Wajo.

“Kedepan, kami berharap MTs Mattirowalie lebih berkembang dan lebih maju setelah mengikuti proses akreditasi ini”, papar Mahyuddin. (Sul/MC)