Kemendes Apresiasi Pencairan dan Pemanfaatan Dana Desa di Wajo

Banner Head SIPD 1

IMG_20151007_0039511 Suasana pertemuan antara Kepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri dengan Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ir Eko Sri Hartanto di Jakarta, pekan lalu.

Wajo, MC – Pencairan dan penggunaan dana desa yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah kabupaten Wajo hingga rampung 100 persen tahap pertama dan 20 persen pada tahap kedua tahun 2015 ini mendapat apresiasi penuh dari pemerintah pusat.

Bahkan atas capaian tersebut, pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) ber-terima kasih kepada Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru bersama jajaran yang telah merealisasikan dana desa dengan cepat dan tepat sasaran.

Hal itu diutarakan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri, di Ruang Kerja-nya, Selasa, 6/10.

Dia membeberkan bahwa respon positif itu disampaikan oleh Ir Eko Sri Hartanto, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa saat menerima rombongan pemerintah daerah dalam hal ini BPMPDK Wajo, Pihak DPRD Kabupaten Wajo dan Kepala Desa di Jakarta, pekan lalu.

“Alhamdulillah capaian pemerintah kabupaten Wajo dalam pencairan dan penggunaan dana desa ini mendapat apresiasi dari Kementerian Desa, mereka bahkan menitip ucapan terima kasih kepada Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru atas terealisasi-nya anggaran tersebut dengan cepat dan tepat sasaran,” ujar Syamsul Bahri.

Dijelaskan, sejauh ini masih banyak daerah yang belum menyerap dana itu, padahal saat ini pemerintah pusat terus memacu agar pencairan dan penggunaan dana desa ini bisa terlaksana. Seperti salah satu-nya adalah Sukoharjo yang baru merealisasikan anggaran sebesar 1 persen.

“Kalau Sukoharjo baru 1 persen, kita di Wajo sudah melaju jauh, kemungkinan itu yang menjadi acuan Kemendes sehingga memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Wajo, terlebih saat ini pemerintah pusat terus memacu agar dana desa tersebut terserap dan segera dimanfaatkan, dan itu bisa ditunaikan oleh pemerintah kabupaten Wajo,” ungkap Ancu (sapaan Syamsul Bahri).

Sekedar informasi, kunjungan pemerintah kabupaten Wajo ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini untuk melakukan koordinasi program pemberdayaan dan pembangunan.

Kunjungan itu juga bertujuan untuk memberikan laporan terkait progress pencairan dan pemanfaatan dana desa di kabupaten Wajo kepada Kementerian Desa.

Penulis : Nur Asri

Banner Head SIPD 1