Kepala Desa Diwajibkan Susun RPJMDes

Syamsul Bahri Kepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri, S.IP. M.Si

Wajo, MC – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo menegaskan agar masing-masing kepala desa segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Penyusunan RPJMDes, kata Ancu (sapaan Syamsul Bahri) adalah hal wajib untuk nantinya dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan program dan pengelolaan dana oleh pemeritahan desa.

Mantan Camat Bola ini menegaskan bahwa penyusunan RPJMDes adalah hal mutlak dan wajib dilaksanakan oleh masing-masing pejabat kepala desa defenitif, baik yang baru maupun yang telah lama menjabat.

“Bagi kepala desa yang lama, bisa menggunakan RPJMDes lama, namun bagi kepala desa yang baru, itu wajib untuk membentuk dan menyusun RPJMDes yang baru juga,” ujar Ancu saat memberikan materi dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa yang dilaksanakan di Gedung BCC Sengkang, Selasa, 14/7.

Lanjut, Syamsul Bahri menekankan bahwa dalam penyusunan RPJMDes, kepala desa harus memperhatikan dua sumber penganggaran berikut peruntukan dan petunjuk tekhnisnya.

Seperti untuk Dana Desa, itu hanya untuk mendanai kegiatan pemberdayaan dan pembangunan dan tidak diperbolehkan untuk membayar gaji ataupun mendanai kegiatan yang sifatnya operasional.

Begitupula dengan Anggaran Dana Desa (ADD), itu juga memiliki petunjuk dan peruntukan tersendiri sehingga kedua sumber penganggaran dana untuk desa ini tidak tumpang tindih.

“Jadi kedua sumber penganggaran untuk desa ini harus dicermati dengan baik dan disusun sesuai peruntukkannya. RPJMDes juga dibuat berdasarkan hasil musyawarah ditingkat desa untuk selanjutnya dijadikan sebagai patron dalam pelaksanaan program pembangunan ditingkat desa,” jelas Ancu.

Sekedar diketahui, Rapat koordinasi dan Sosialisasi tentang Dana Desa oleh para kepala Desa dan bendahara desa se Kabupaten Wajo ini dibuka oleh Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru.

Selain kepala BPMPDK Wajo (Syamsul Bahri, red) yang memberikan materi, Kepala Inspektorat Daerah Wajo, A Ihsan dan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Wajo, Ir Armayani juga berkesempatan untuk membawakan materi sesuai dengan tupoksi-nya. (aci)