Kinerja Lurah Disoal, Buktinya Ada di WA

Jadi tauladan didaerahnya, Lurah ini rela nenteng sapu dan membersihkan sampah yang tertimbun diselokan. (Foto : Humas Kecamatan Tempe)

Wajo, MC – Camat Tempe, Andi Muh Baso Iqbal B terus melakukan kontrol dan memantau kinerja aparat-nya, secara langsung maupun melalui sosial media jejaring WhatsApp (WA) yang dijadikan sebagai pusat pelaporan kinerja lingkup pemerintah kecamatan Tempe.

Khususnya dalam penanganan sampah dan kebersihan, Camat rutin mengorek informasi dari Lurah terkait progres kerja yang dilakukan.

“Coba pak Lurah jelaskan, sejauh mana penanganan dan kendala apa yang dihadapi. Sebenarnya, kinerja Lurah sudah baik, namun harus dipertahankan atau lebih ditingkatkan”, ujar Camat saat mengorek informasi kepada 16 lurah se kecamatan Tempe dalam rapat koordinasi yang digelar di salah satu Cafe, di kota Sengkang, Minggu malam tadi (8 Januari 2017).

Selain melakukan pembersihan, pemerintah juga memotivasi masyarakat untuk lebih kreatif. Seperti yang terlihat pada gambar, barang bekas dimodifikasi menjadi pot tanaman bunga (Foto : Humas Kecamatan Tempe)

Lurah menjawab ; “Gambarnya sudah terkirim ke WA, kami juga sudah melakukan pembersihan pada beberapa ruas jalan, begitupun beberapa lorong juga sudah kami bersihkan, hanya saja kami terkendala peralatan, karena ada batang pohon tumbang yang harus dipindahkan, itu menurut kami perlu di senso agar mudah diangkut menuju TPA”, jawab salah seorang lurah.

Camat mengiyakan ; “Iya betul, saya lihat tadi di WA, memang ada gambar batang pohon yang diangkut, itu sebenarnya sudah bukan tugas kita karena tergolong sampah luar biasa, tapi tidak apa-apa kita bersihkan saja, bila perlu kita belikan senso agar sampahnya bisa diangkut”, tutur Camat menindaklanjuti keterangan Lurah.

Begitupun dengan kendala yang dihadapi terkait ketersediaan peralatan kebersihan seperti ; motor sampah, sepatu boot untuk petugas kebersihan, dan pemeliharaan mesin pemotong rumput.

“Tidak apa-apa, laporkan saja kalau ada alat yang rusak, begitupun kalau ada yang kurang nanti disiapkan. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk program ini, sisa kita pergunakan dengan baik sesuai dengan peruntukannya”, ulas Camat.

Satgas kebersihan dilengkapi peralatan, tampak Lurah Teddaopu serahkan kunci motor sampah kepada salah seorang petugas kebersihan. (Foto : Humas Kecamatan Tempe)

Lebih lanjut Baso Iqbal (sapaan Camat) memerintahkan lurah untuk bersikap tegas dan memberi teguran pada warga atau pihak swasta yang melanggar aturan, khususnya yang berkaitan dengan penegakan Perda (Peraturan Daerah) tentang kebersihan.

Bila perlu, kata Dia, pemerintah kecamatan meminta Satpol PP menindaklanjuti teguran yang dilayangkan oleh pemerintah kepada warga atau pihak swasta.

Dengan fasilitas seadanya, tim kebersihan mengangkut sampah hingga ke TPA. Seperti terlihat dalam gambar, petugas menggunakan kendaraan dinas roda empat. (Foto : Humas Kecamatan Tempe)

“Tidak perlu takut pak Lurah, kalau ada yang melanggar, beri teguran. Kita bekerja berdasarkan aturan dan itu harus ditegakkan”, ujar Camat dengan nada tegas. (SIPD)