KKN UNHAS, Ratusan Mahasiswa Jajaki 93 Desa di Wajo

Penerimaan Mahasiswa UNHASBupati Wajo Andi Burhanuddin Unru saat menerima rombongan Mahasiswa KKN UNHAS

Wajo, MC – Ratusan Mahasiswa Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, hari ini (Rabu, 13/7), diturunkan ke Kabupaten Wajo untuk menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Mahasiswa KKN Gelombang 93 tahun 2016 ini disambut secara resmi oleh Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru bersama jajaran, untuk kemudian disebar pada 93 desa 7 kecamatan se Kabupaten Wajo.

Acara penerimaan digelar di Rumah Jabatan Bupati Jl Veteran Sengkang.

Dalam sambutannya, Bupati Wajo mengungkap rasa bangga atas kesediaan pihak UNHAS menempatkan mahasiswanya di Kabupaten Wajo.

Itu, kata Bupati, bernilai positif terhadap pembangunan daerah, bermanfaat kepada pemerintah dan masyarakat serta lingkungan yang ditempati melalui observasi dan pelaksanaan program kerja mahasiswa.

“Selaku pemerintah daerah, kami merasa bangga atas diturunkannya mahasiswa UNHAS di Kabupaten Wajo ini,” ujar Bupati mengawali sambutan.

Lanjut, Bupati dua periode ini menilai, hadirnya mahasiswa tanpa dibekali program kerja dari pihak kampus dirasa tepat untuk menggali permasalahan, kendala serta keinginan pemerintah bersama masyarakat setempat.

“Dengan observasi akan diketahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, permasalahan apa yang dihadapi dan program kerja seperti apa yang akan dilaksanakan, itu yang menurut kami menjadi perhatian penting dan bermanfaat guna bagi pemerintah dan masyarakat. Bahkan melalui kegiatan ini lahir hasil survey dan penelitian yang bisa menjadi referensi bagi pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan didaerahnya,” terang Bupati.

Sementara itu, Ketua Rombongan Mahasiswa KKN UNHAS, Andi Syamsu Alam mengungkap peserta yang diturunkan ke Wajo dalam kegiatan KKN Gelombang 93 tahun 2016 ini berjumlah 697 orang dari total 4070 peserta KKN tahun ini.

Mahasiswa tersebut, kata Dia, berasal dari 14 fakultas dan akan melakukan pengabdian selama 7 pekan di Kabupaten Wajo yang tersebar pada 7 Kecamatan, diantaranya ;

Kecamatan Belawa (65 orang)
Kecamatan Pammana (116 orang)
Kecamatan Sabbangparu (130 orang)
Kecamatan Sajoanging (67 orang)
Kecamatan Takkalalla (91 orang)
Kecamatan Tanasitolo (138 orang)
Kecamatan Pitumpanua (83 orang)

Ketua Program Studi (Prodi) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNHAS ini juga menambahkan bahwa, selama empat tahun terakhir UNHAS menjalin kerjasama dengan TNI Angkatan Darat dalam pelaksanaan kegiatan KKN.

“Jadi jangan heran jika armada yang digunakan oleh mahasiswa sebahagian milik TNI Angkatan Darat, itu sebagai bentuk dukungan TNI terhadap kegiatan mahasiswa UNHAS,” papar Syamsu Alam.

Acara penerimaan ditandai dengan pemasangan atribut oleh Ketua Rombongan Mahasiswa UNHAS (Andi Syamsu Alam) kepada Bupati Wajo serta pemberian cenderamata oleh pihak UNHAS kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo.

Turut mendampingi Bupati, Ibu Ketua TP PKK Wajo Hj Andi Faikah Burhanuddin, Sekda Wajo Firdaus Perkesi, Kepala BPMPDK Wajo Syamsul Bahri, Kepala Dinas Pendidikan Wajo Jasman Juanda, Camat serta para Kepala Desa penerima mahasiswa KKN UNHAS. (Red/MC)