Korban Kebakaran Harap Perumahan, Wabup Carikan Solusi

Wajo, MC – Menindak lanjuti harapan korban kebakaran untuk dibantu oleh pemerintah berupa perumahan sementara, Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda akan coba mencarikan solusi.

Dia akan melakukan koordinasi secara berjenjang dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan kemudian diteruskan kepada para instansi terkait.

“Saya coba kontak pak Sekda untuk mengkoordinasikan tentang tempat tinggal sementara, karena ini menyangkut anggaran dan lokasi, besok kita lihat perkembangannya. Sore ini, saya minta agar hal itu dikoordinasikan dengan SKPD terkait,” ungkap Syahrir melalui via ponselnya, Minggu, 30/11.

Syahrir menilai, kendala yang dihadapi warga korban kebakaran tersebut memang perlu ditindak lanjuti, pasalnya, saat ini, banyak diantara korban yang lebih cenderung tinggal menumpang bersama keluarganya atau tidak punya tempat tinggal menetap.

“Namun demikian, Syahrir tak menampik bahwa hal itu menyangkut dengan anggaran daerah. Dalam artian, selama anggarannya tersedia, pasti pemerintah akan penuhi, namun bila tidak, maka akan dicarikan alternatif lain,” terang mantan Koordinator PNPM-MP Sulsel ini.

Lebih jauh Syahrir menjelaskan, bahwa, untuk saat ini, pemerintah telah memberikan bantuan kepada para korban kebakaran berupa ; uang tunai, mie instant dan beras.

“Untuk bantuan itu, memang telah dianggarkan oleh pemerintah, dimana setiap warga yang tertimpa musibah akan diberikan bantuan sesuai dengan pos anggaran yang tersedia,” terang Syahrir.

Pemerintah juga, tambah Syahrir, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mendirikan tenda di lokasi kebakaran untuk penampungan barang para korban, dan mengeluarkan surat edaran berupa himbauan agar warga bersikap waspada akan bahaya kebakaran.

“Sementara untuk bantuan perumahan seperti yang diharapkan masyarakat, tentu harus dikoordinasikan lebih lanjut karena hal itu menyangkut dengan ketersediaan anggaran pemerintah. Kita tunggu hasil rapat koordinasi yang dipimpin Sekda,” pungkas Syahrir.

(Penulis : Nur Asri, SH)