KPU – Panwaslu Wajo Klaim Pileg Aman

Wajo, MC – Pasca perhitungan perolehan suara Calon legislatif (Caleg) tingkat propinsi yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wajo kompak mengklaim pelaksanaan Pileg dengan aman.Penyelenggara pemilu ini menjelaskan bahwa selama tahapan Pileg berlangsung, lembaga-nya tidak menemukan masalah yang terlalu berat.

“Maka-nya dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Calon legislatif di Makassar tempo hari, Panwaslu Kabupaten Wajo justru mendapat kesempatan pertama menyelesaikan rekap dengan baik tanpa ada kendala. Bahkan saat itu, hanya Kabupaten Wajo saja yang tidak mengusul rekomendasi pemilihan ulang atau perhitungan ulang seperti yang ditemukan didaerah lain,” ungkap A Bau Mallarangeng, Panwaslu Wajo disalah satu Warkop, Rabu 29/4.

Dalam proses perhitungan suara tingkat propinsi, lanjut-nya, Panwaslu hampir tidak pernah menerima laporan terkait ada-nya pelanggaran pemilu.

“Hal itu bisa dibuktikan dengan tidak ada-nya Caleg di Wajo yang melapor ke-Panwaslu, sehingga dalam proses rekap di tingkat Propinsi, Hanya kabupaten Wajo saja yang tidak mengeluarkan rekomendasi,” ulang Bau Mallarangeng.

Hal senada juga diungkap, A Bau Salman Sulolipu, Komisoner KPUD Wajo. Dikatakan, lembaga-nya telah melaksanakan Pileg dengan aman dan hasil-nya telah dikawal ke-tingkat propinsi.

“Saat ini, para Celeg sisa menunggu hasil rekap perolehan suara dan penetapan Caleg terpilih yang akan dirapat plenokan 9 mei mendatang,” tandas Salman. (aci)