KPU Warning Caleg Bermasalah

Wajo, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Wajo mewarning Calon Legislatif (Caleg) yang bermasalah.

Mereka (Caleg,red) diminta untuk segera melengkapi surat keterangan pemberhentian/pengunduran diri bila masih berkaitan dengan suatu jabatan pemerintah atau lembaga-lembaga tertentu yang bersinggungan dengan ke-pemilu-an.

“Caleg yang masih ada kaitan-nya dengan suatu jabatan ataukah bekerja di suatu lembaga yang bertentangan dengan aturan pemilu diminta untuk segera menentukan sikap dan membersihkan diri. Misalkan saja Kepala Desa yang masuk jadi Caleg harus melampirkan surat keterangan pemberhentian diri-nya sebagai Kepala Desa secara resmi ke-KPU, begitupula Caleg yang bekerja di suatu lembaga, bila bertentangan aturan Pemilu, maka sebaik-nya membersihkan diri,” kata A Bau Salman, Divisi Tekhnis KPUD Wajo, Sabtu, 15/2.

Sejauh ini, lanjut Salman, masih ada Caleg yang belum melengkapi berkas pengunduran diri-nya secara lengkap, meski telah berulang kali dihimbau oleh KPU.

“Resiko-nya bila hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, maka akan berimplikasi hukum dan berimbas kepada Caleg yang bersangkutan dikemudian hari, seperti misalkan resiko penundaan pelantikan bila mendapat komplain meski telah terpilih dalam pemilihan,” terang Salman. (aci)