Kuliah Umum, Akbar Faizal Semangati Mahasiswa UNANDA Palopo

Akbar Faizal Legislator DPR-RI Fraksi NasDem, Akbar Faizal

Palopo, MC – “Negara ini sudah terbebani gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), sehingga sungguh mulia jika generasi muda mengurangi beban itu dengan kesampingkan cita-cita untuk menjadi seorang PNS dan termotivasi untuk ber-wirausaha,”.

Setidaknya, demikian penuturan Anggota Komisi III DPR-RI, Akbar Faizal dalam kuliah umum-nya di Universitas Andi Djemma (UNANDA), Palopo, Sulawesi Selatan, baru-baru ini.

Akbar kesempatan itu menyarankan mahasiswa untuk tidak terjebak orientasi kuliah yang terpatok pada cita-cita menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Legislator asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ini bahkan memotivasi mahasiswa untuk membuka lapangan kerja sendiri, yang pada gilirannya membuka peluang kerja bagi orang lain.

“Akan lebih baik jika mahasiswa membekali diri dengan keterampilan dan membuka lapangan kerja sendiri, itu lebih baik jika bercita-cita menjadi seorang PNS,” ujar Akbar yang dikabarkan akan maju dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan, 2017 mendatang.

Saat ini, sambung-nya, persaingan dunia kerja semakin ketat, terlebih kedepan masyarakat akan menghadapi pasar bebas ASEAN.

“Sebagai salah satu negara ASEAN, suka tidak suka masyarakat harus mengambil peran didalamnya,” tutur Akbar.

Lanjut, politikus Partai NasDem ini menjelaskan bahwa saat ini, Indonesia diperhadapkan dengan ribuan sarjana yang masih menganggur. Dengan kondisi seperti itu, maka gelar yang disandang tidak akan berguna jika tidak dimanfaatkan untuk berkarya.

“Oleh itu, mulai dari sekarang sebaiknya mahasiswa merubah pola pikir dan mengikuti perkembangan jaman, jangan setelah kuliah hanya bercita-cita menjadi seorang PNS, Negara kita sudah terbebani anggaran untuk membayar gaji PNS sehingga diharap kedepan generasi muda lebih kreatif dan penuh inovasi,” ujar Akbar menyemangati.

Sumber : Fraksi NasDem DPR-RI
Editor : Ramadhany Nur