Lapak Buah di Kawasan Hijau Kota Siap Digunakan

Wajo, MC – Lapak untuk para penjual buah-buahan eks terminal Jl Stasiun Sengkang siap untuk digunakan. Pekerjaan lapak yang berlokasi di kawasan hijau kota Jl A Muri samping terminal Callaccu Sengkang ini telah rampung, sisa menunggu ijin pemindahan dari pemerintah setempat.

Camat Tempe, A Syahrial Makkuradde mengungkap, lapak yang dibuat sebanyak 14 unit dan masing-masing ditempati kembali oleh penjual buah yang direlokasi.

Menurutnya, pembangunan lapak ini lebih dulu dibiayai oleh pemerintah, namun masing-masing penjual sesuai kesepakatan bersedia mengembalikan ongkos bangunan lapak secara angsur.

“Begitu kesepakatannya, penjual minta dibantu bangunan lapak, soal pembayarannya, penjual mengaku siap mengembalikan secara angsur. Ongkos bangunan untuk satu unit lapak sekitar Rp3 juta. Dan kini sudah ada sekitar 50persen penjual buah yang membayar,” terang Syahrial, di Sengkang, 27/9 kemarin.

Lebih lanjut Syahrial menjelaskan, pengembalian ongkos bangunan lapak ini disepakati dalam pertemuan di Kantor kecamatan Tempe, beberapa bulan lalu. Kala itu, para pedagang bersedia dipindah dan menurut akan kebijakan pemerintah sepanjang diberi kesempatan untuk menjual ditempat lain.

“Jadi yang dikenakan kepada penjual hanya ongkos lapak, masalah tempat penjual tidak dibebani. Untuk pemindahannya, kami menunggu petunjuk Bupati,” pungkas Syahrial.

Seperti diketahui, rencana pemerintah untuk memindahkan puluhan penjual buah-buahan di eks lokasi terminal (samping kantor Bank Sulsel saat ini) karena akan dijadikan sebagai lokasi parkir di sektor kota Sengkang.

Penulis : Nur Asri, SH