Lomba Desa Tingkat Sulsel, Wajo Jagokan Desa Lempa dan Kelurahan Tancung

“Dari Kegiatan Persiapan Lomba Desa Tingkat Propinsi Sulsel Tahun 2015”

Kepala Bidang Pengembangan Desa dan kelurahan BPMPDK Wajo, Susiawaty Panikkai

Wajo, MC – Desa Lempa Kecamatan Pammana dan Kelurahan Tancung Kecamatan Tanasitolo mendapat kepercayaan untuk mewakili Kabupaten Wajo dalam lomba desa tingkat propinsi Sulawesi Selatan tahun 2015 ini.

Sedianya, desa dan kelurahan ini akan bersaing dengan 24 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan dalam proses penilaian yang akan dimulai pada tanggal 11 April mendatang.

Kepala Bidang Pengembangan Desa dan kelurahan kantor BPMPDK Kabupaten Wajo, Susiawaty Panikkai mengungkap bahwa Desa Lempa dan Kelurahan Tancung dipercayakan untuk membawakan nama Kabupaten Wajo karena lebih unggul dan memenuhi beberapa indikator penilaian lomba.

Salah satunya adalah indikator administrasi berupa atribut, tata laksana pemerintahan dan pelayanan masyarakat desa dan kelurahan, tampilan fisik kantor, infrastruktur dan beberapa indikator penilainan lainnya.

“Kedua daerah ini kami anggap memenuhi indikator penilaian, terutama dalam hal kelengkapan administrasi. Itu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang kami lakukan terhadap 128 desa dan 48 kelurahan yang ada di Kabupaten Wajo selama ini,” ungkap Susi sapaan karib Susiawaty.

Ditambahkan, selain unggul dan lengkap administrasi, kedua daerah ini dipilih menjadi ujung tombak Kabupaten Wajo ditingkat propinsi atas pertimbangan kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki oleh masing-masing pemimpin wilayah.

Keduanya (Kepala Desa dan Lurah) dinilai memiliki kemampuan berkomunikasi, pengalaman pemerintahan dan mengenal lebih jauh potensi daerah yang dipimpinnya sehingga pada saat proses penilaian keduanya tidak canggung memberikan paparan kepada tim penilai.

“Itu juga menjadi pertimbangan kami sehingga memercayakan kedua daerah ini sebagai perwakilan kabupaten Wajo ditingkat propinsi,” ujar Susi kembali.

Lebih jauh Susi mengutarakan bahwa selain memenuhi indikator administrasi dan kapabilitas pemimpin wilayah, pertimbangan lain sehingga Pemerintah kabupaten Wajo menjagokan Desa Lempa dan Kelurahan Tancung karena terpenuhinya beberapa indikator pendukung lain dalam penilaian lomba yakni ; indikator pendidikan, kesehatan, agama, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dan pemerintah, lembaga kemasyarakatan dan terlaksananya program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ditingkat desa dan kelurahan.

“Tidak seperti kebanyakan desa dan kelurahan lainnya, ada yang tidak memenuhi indikator ini, sehingga kami menjagokan Desa Lempa dan Kelurahan Tancung untuk maju bersaing ditingkat propinsi dan tingkat nasional nantinya setelah menjadi juara, Insya Allah,” terang Susi. (adv)

Penulis : Bs Selvi Damayanti