Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Sulsel, Benteng dan Cina Bawakan Nama Wajo

IMG_20160527_204856Kepala BPMPDK Sulsel Mustari Soba bersama Wabup Wajo Andi Syahrir Kube Dauda disambut hangat dalam penilaian Lomba Desa/Kelurahan tingkat Sulsel di Kelurahan Cina Kecamatan Pammana

Wajo, MC – Desa Benteng Kecamatan Penrang dan Kelurahan Cina Kecamatan Pammana menjalani proses penilaian lomba desa/kelurahan tingkat propinsi Sulawesi Selatan tahun 2016, Jumat 27/5.

Penilaian atas lomba ini setelah sebelumnya desa dan kelurahan ini berhasil terpilih sebagai desa dan kelurahan terbaik tingkat Kabupaten Wajo.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo Syamsul Bahri mengungkap pelaksanaan penilaian berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

Memang, kata Syamsul Bahri, persiapan prosesi acara menyita waktu, tenaga dan energi yang cukup besar, namun dalam pelaksanaannya secara umum tidak mengalami kendala.

“Itu karena kinerja pemberdayaan di kedua desa dan kelurahan tersebut sudah bagus dan berjalan sesuai dengan tuntunan dan aturan yang berlaku,” ujar Syamsul Bahri.

Lanjut mantan Camat Bola ini menerangkan bahwa Desa Benteng dan Kelurahan Cina memiliki potensi dan karakter yang dapat dibanggakan.

“Ini terbukti dengan terpenuhinya berbagai indikator penilaian yang didukung dengan penampilan paket-paket penilaian, dan lebih dari itu partisipasi masyarakat dalam perlombaan tersebut sangat besar, baik di Benteng maupun di Cina,” terang Ancu sapaan Syamsul Bahri.

Rombongan tim penilai tingkat propinsi ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Sulsel Mustari Soba. Rombongan diantaranya dari unsur Tim Penggerak PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan unsur Kepolisian Daerah Sulselbar.
Ka BPMPDK Wajo SUlselKepala BPMPDK Sulsel Mustari Soba dan Kepala BPMPDK Wajo Syamsul Bahri

Tim penilai diterima oleh Wakil Bupati Wajo Andi Syahrir Kube Dauda bersama Komandan Kodim 1406 Wajo, Kapolres, SKPD, Camat bersama Kepala Desa dan Lurah serta para komponen masyarakat pada desa dan kelurahan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala BPMPDK Sulsel Mustari Soba mengungkap penilaian sebagai wujud evaluasi sekaligus pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat ditingkat desa dan kelurahan.

“Saya mengapresiasi pemerintah desa Benteng dan Kelurahan Cina atas kinerja yang dihasilkan dalam penilaian ini. Begitupula terhadap kemeriahan yang ditampilkan dalam prosesi penerimaan sangat berkesan bagi kami,” tutur Mustari.

Wakil Bupati Wajo Andi Syahrir Kube Dauda berharap perlombaan ini menjadi motivasi dan penyemangat bagi seluruh aparat pemerintah desa dan keluraham untuk terus bekerja, berkarya dan berprestasi.

“Kepada tim penilai, kami berharap Kabupaten Wajo menempati posisi tertinggi dalam penilaian tahun 2016 seperti tahun sebelumnya,” harap Wabup.

Sekedar diketahui rombongan tim penilai disambut dengan prosesi adat. Ketika memasuki desa Benteng, Ketua Tim Penilai dan rombongan bersama Wabup disambut oleh Camat Penrang Andi Muh Baso Iqbal B, kemudian menggunakan pengangkutan tradisional gerandong melewati ratusan warga yang hadir melakukan penjemputan dengan pementasan drum band dan atraksi “Mappadendang”.

Begitupula di Kelurahan Cina, pemerintah bersama warga setempat melakukan penjemputan secara meriah disepanjang jalan menuju tempat acara disertai drum band dan tari “Padduppa”.

Kepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri juga membeberkan beberapa keunggulan Kabupaten Wajo dalam penilaian tersebut diantaranya ; pemanfaatan mobiler ambulance desa yang dikelola oleh pemerintah dan masyarakat, penggunaan tekhnologi tepat guna (TTG) dalam pengolahan rumput laut serta pemanfaatan pekarangan rumah melalui penanaman sayur dan tanaman.

“Program pemanfaatan pekarangan rumah bertajuk Green House ini dibina langsung aparat Babimkantibmas setempat,” papar Ancu. (SIPD/K)