Lomba Lorong Mapaccing, Warga Sulap Buah Pepaya

Pekarangan rumah warga dipoles sedemikian rupa tuk bisa terpilih dalam lomba Lorong Mapaccing. (Foto : Kha/MC)

Wajo, MC – Berbagai upaya dilakukan pemerintah kelurahan untuk bisa memenangkan lomba “Lorong Mapaccing” yang digelar pemerintah kecamatan Tempe tahun 2017 ini.

Selain memoles lorongnya dengan cat berwarna – warni, melukis dan menulis pesan bertema kebersihan, menata bunga dan tanaman disepanjang lorong, pun sampai ada yang mengubah warna buah-buahan dengan cat.

Seperti yang dapat terlihat di kompleks perumahan Nusa Idaman Sengkang kelurahan Cempalagi, buah yang tadinya berwarna hijau disulap menjadi warna merah. Unik dan sangat menarik perhatian.

Camat Tempe, Andi Muh Baso Iqbal kepada MEDIACELEBES mengungkap, perlombaan itu digelar pada 16 kelurahan, masing-masing memilih lorong atau kawasan tertentu yang nantinya jadi objek perlombaan.

Sedang untuk penataannya, dikembalikan pada pihak kelurahan bersama warga.

“Hal itu dilakukan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam menjaga dan membersihkan lingkungan sekitarnya”, ujar Camat di Ruang Kerjanya, belum lama ini.

Lanjut Ia mencontohkan, lorong mapaccing di kelurahan Siengkang. Dulu sebelum ditata, lorong yang dipilih itu biasa-biasa saja, namun setelah dipoles dengan berbagai kreatifitas, kawasan itu kini menjadi rapi dan elok dengan perpaduan seni.

“Boleh kita jalan-jalan kesana, begitupun ketika ada tamu dari luar yang ingin berkunjung, sudah bisa diarahkan kesana, artinya sudah ada titik lokus ketika pihak kelurahan atau kecamatan kedatangan tamu”, tutur Camat.

Pantauan MEDIACELEBES, pihak kelurahan dalam beberapa pekan terakhir aktif mempersiapkan diri hadapi perlombaan lorong mapaccing ini.

Kita tunggu hasilnya, kelurahan mana yang nantinya akan menjadi jawara dalam perlombaan tersebut. (SIPD)