LSM Sarankan, Pekerjaan Jalan Diawasi

Kontraktor : Perencanaan Juga Perlu Dimantapkan

Wajo, MC – Mantan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) WACC, Muh Sabri Abdul Fattah, menyarankan pemerintah untuk tidak membiarkan kontraktor bekerja tanpa pengawasan.

Dia berharap, pemerintah Kabupaten Wajo mengawal ketat pekerjaan jalan yang kini tengah dilaksanakan di kawasan Kota Sengkang.

Menurutnya, tanpa pengawasan, pekerjaan jalan bisa saja dikerja asal-asalan dan kualitas pekerjaan-nya tidak maksimal.

“Saya berharap, pemerintah dalam hal ini Bupati Wajo A Burhanuddin Unru memperketat pengawasan, khusus-nya dalam tahap pengerasan/pemadatan. Jangan pekerjaan-nya seperti di-bedaki saja,” kata Sabri, Kamis, 5/12.

Ditambahkan, selain target pekerjaan jalan berkualitas, pengawasan juga bertujuan untuk menjaga agar ratusan juta bahkan milyaran dana yang digunakan sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang ada.

“Karena bila tidak, fatal jadi-nya, pekerjaan bisa tidak maksimal, dana yang dikucurkana dari pekerjaan itu akan sia-sia dan akan hilang dalam waktu singkat saja,” terang Sabri.

Sementara itu, salah seorang kontraktor, Ir Sukri mengungkap, bahwa pada dasar-nya, tidak ada kontraktor yang ingin bekerja asal-asalan apalagi sampai ending-nya bekerja dua kali.

Dijelaskan, pada inti-nya, pekerjaan jalan sangat didukung dari perencanaan. Peninjauan alam, survey kadar tanah dan insting enginering dari perencana sangat penting untuk kualitas pekerjaan jalan.

“Jadi, selain pengawasan, kualitas pekerjaan sebenar-nya harus ditunjang pula dengan perencanaan yang baik,” jelas Sukri.(aci)