Lurah Cempalagi Imbau Pengusaha Walet Tertib Aturan

Gambar Burung Walet (Int)

Wajo, MC – Pemerintah kelurahan Cempalagi kecamatan Tempe mengimbau masyarakat untuk tertib dan taat aturan dalam pengembangan usaha budidaya sarang burung walet.

Pemerintah tidak menginginkan usaha yang belakangan marak digemari ini menimbulkan konflik ditengah masyarakat serta berdampak pada terjadinya polusi lingkungan.

Menurutnya, tidak ada pelarangan bagi masyarakat untuk membuka usaha, sepanjang usaha yang dikembangkan memenuhi syarat dan persyaratan yang berlaku.

“Siapapun bisa membuka usaha, tidak dilarang, sepanjang usaha yang dikembangkan memenuhi aturan dan kedepankan norma-norma yang berlaku ditengah masyarakat”, ujar Lurah Cempalagi, H Muhammad Yunus, Senin, 30/4.

Ditambahkan bahwa pemerintah kelurahan saat ini tengah melakukan sosialisasi dan melakukan kunjungan kepada pengusaha walet. Hal itu menindaklanjuti aduan yang diterima dari masyarakat terkait keberadaan usaha tersebut diwilayahnya.

“Aduan ditindaklanjuti dengan melakukan pendekatan secara kekeluargaan dan menyampaikan secara lisan kepada pemilik usaha agar memperhatikan kondisi sosial dan lingkungan sekitarnya, khususnya berkaitan dengan penggunaan pengeras suara”, papar H Nunu sapaan akrab Lurah.

Lanjut diungkapnya bahwa kedepan pemerintah akan mengundang pelaku usaha untuk mengikuti sosialisasi tentang budidaya tersebut.

“Sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama yang berkaitan dengan aturan serta larangan-larangan yang wajib dipatuhi oleh para pelaku usaha”, terang Nunu. (MC)