Maniangpajo Pengelola BUMDes Terbaik, Menyusul Tanasitolo dan Takkalalla

Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru saat menyerahkan penghargaan kepada pembina BUMDes tingkat Kecamatan Terbaik

Wajo, MC – Selain meresmikan penggunaan proyek desa tahun 2015 dalam Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIII di Desa Pakkanna, Kecamatan Tanasitolo, (Rabu, 7/12) lalu, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru pada kesempatan itu juga menganugerahkan penghargaan kepada pengelola dan pembina Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terbaik.

Penghargaan bagi pengelola dan pembina BUMDes ini masing-masing diberikan kepada ;

* Pengelola BUMDes Terbaik :

– BUMDes Terbaik I     : BUMDes MassamaturuE, Desa Kalola, Kecamatan Maniangpajo
– BUMDes Terbaik II    : BUMDes Tunas Muda, Desa Ujunge, Kecamatan Tanasitolo
– BUMDes Terbaik III   : BUMDes Usaha Baru, Desa Ajuraja, Kecamatan Takkalalla

* Pembina BUMDes Terbaik Tingkat Desa :

– Pembina Terbaik I     : Andi Pallawarukka, S.Pd (Desa Kalola, Kecamatan Maniangpajo)
– Pembina Terbaik II    : Andi Kadriaty Galib (Desa Ujunge, Kecamatan Tanasitolo)
– Pembina Terbaik III   : Miharuddin (Desa Ajuraja, Kecamatan Takkalalla)

* Pembina BUMDes Terbaik Tingkat Kecamatan :

– Pembina Terbaik I     : Drs. H. Andi Arif, MM (Camat Maniangpajo)
– Pembina Terbaik II    : Drs. Andi Bau Manussa, S.Sos.M.Si (Camat Tanasitolo)
– Pembina Terbaik III   : Hj. Andi Besse Suhaemi, S.Sos (Camat Takkalalla)

Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru saat menyerahkan penghargaan kepada Pengelola BUMDes Terbaik

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menjelaskan, penghargaan yang diserahkan oleh Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru adalah bukti perhatian pemerintah dalam mendorong tumbuh kembangnya BUMDes di Bumi Lamaddukkelleng.

Penilaian atas penghargaan itu sendiri, kata Syamsul Bahri, diperoleh dari akumulasi kinerja BUMDes sepanjang tahun 2016. Ia tak memungkiri bahwa BUMDes di Kabupaten Wajo belum seluruhnya sempurna, namun mereka yang menerima penghargaan merupakan pengelola dan pembina BUMDes terbaik di Kabupaten Wajo.

Termasuk diantaranya, pengelola dan pembina BUMDes MassamaturuE Desa Kalola Kecamatan Maniangpajo yang sebelumnya dinobatkan sebagai Juara Harapan I tingkat Propinsi Sulawesi Selatan dan dianugerahi penghargaan oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

“Kita berharap, momentum seperti ini menjadi motivasi seluruh BUMDes di Wajo untuk lebih maksimal mengelola dan membina BUMDes-nya dengan baik”, ujar Syamsul Bahri.

Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru (tengah) saat memantau dan meresmikan pekerjaan jalan desa rangkaian Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIII di Desa Pakkanna, Kecamatan Tanasitolo

Sementara itu, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru mengimbau seluruh elemen untuk bersinergi dan menjalin kerjasama dalam membangun desa. Keterlibatan seluruh elemen, termasuk didalamya lembaga formal dan non-formal desa adalah pendukung utama berhasil – tidaknya pembangunan yang dilaksanakan.

“Begitupun dengan lembaga BUMDes, sebagai lembaga ekonomi desa agar menjalankan fungsinya dengan baik, membantu usaha masyarakat dan menjadi pemicu gerak dan laju perekonomian ditingkat desa,” harap Bupati. (SIPD/K)