Mantan Kapolres Wajo Jabat Kapolda Sulselbar

Irjen Pol Anton CharlianKadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Anton Charlian

Jakarta, MC – Mantan Kapolres Wajo, Irjen Pol Anton Charliyan diangkat menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan – Barat (Sulselbar) lingkup Mabes Polri.

Ia dikabarkan menggantikan posisi jabatan Irjen Pol Pudji Hartanto (Kapolda Sulselbar) yang diangkat menjadi Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan meninggalkan jabatannya sebagai Kadiv Humas Mabes Polri.

Selain Anton, Mabes Polri juga mengangkat Irjen Pol Noer Ali (Kapolda Jawa Tengah) sebagai Kabaintelkam menggantikan Komjen Djoko Mukti Haryono yang memasuki masa pensiun.

Sementara posisi yang ditinggalkan Noer Ali sebagai Kapolda Jawa Tengah akan diisi oleh Irjen Condro Kirono yang kini masih menjabat sebagai Kakorlantas Mabes Polri. Brigjenpol Agung Budi Maryoto Kapolda Kalimantan Selatan dipromosikan menjadi Kakorlantas mengisi jabatan yang ditinggalkan Condro.

Pergeseran posisi jabatan lingkup Mabes Polri ini tertera dalam surat telegram nomor ; ST/936/IV/2016 pertanggal 14 April 2016.

Brigjen Erwin Triwanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Daerah Istimewa Jogjakarta (DIY) juga bergeser menggantikan posisi yang ditinggalkan Brigjen Pol Agung Budi Maryoto sebagai Kapolda Kalimantan Selatan. Posisinya akan digantikan oleh Karorenmin Baintelkan Brigjen Prasta Wahyu Hidayat sebagai Kapolda DIY.

Sedangkan untuk posisi Kadiv Humas Mabes Polri yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Anton Charlian akan diisi oleh Brigjen Pol Boy Rafli Amar yang saat ini masih menjabat sebagai Kapolda Banten. (Red/MC)

Berikut Profil Singkat Irjen Pol Anton Charlian :

Irjen Pol DR. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N., lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 29 November 1960. Ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 6 Maret 2015 mengemban amanat sebagai Kadiv Humas Polri menggantikan Irjen. Pol. Ronny Franky Sompie.

Sebelumnya dia menjabat Karodibinklat Lemdiklat dan kemudian digantikan oleh Brigjen Pol Rachmad Fudail. Anton, lulusan Akpol 1984 ini berpengalaman dalam bidang Reserse, jabatan sebelumnya adalah Karodibinklat Lemdiklat.

Riwayat Jabatan :

* Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya
* Kanit III Dit I/Kam dan Trannas Bareskrim Polri
* Kapolwil Priangan (2008)
* Wakapolda Kalteng (2009)
* Karodibinklat Lemdiklat (2012)
* Kadivhumas Polri[1] (2015)

( Diolah dari berbagai sumber )