Masa Jabatan Berakhir, Kades Sebaik-nya Melapor

Wajo, MC – Kepala Desa yang telah berakhir masa jabatan-nya diminta untuk segera melaporkan diri secara berjenjang dari tingkat BPD (Badan Permusyawaratan Desa), Camat hingga ketingkat Bupati. Hal tersebut patut menjadi perhatian, karenabisa saja berimplikasi hukum bilamana dianggap remeh.

Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda menegaskan hal itu saat membuka acara Sinkronisasi Pelaksanaan Kegiatan BPMPDK Kabupaten Wajo dengan Pemerintah Desa/Kelurahan tahun 2014 di Ruang pola kantor Bupati, Kamis, 3/4.

Dijelaskan, tahun 2014 ini, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), tidak ada pemilihan kepala desa. Sehingga bagi kepala desa yang telah berakhir masa jabatan-nya agar segera menyusun laporan.

“Hal ini jangan disepelekan, menggunakan fasilitas atau tetap bertanda-tangan sementara masa jabatan-nya telah berakhir, siapatau didalam-nya berdampak hukum, tentu yang kena imbas-nya adalah kepala desa yang bersangkutan,” ungkap Syahrir.

Hal itu-pun diterangkan pula oleh Kepala BPMPDK (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa dan Kelurahan) Wajo, Syamsul Bahri. Pelaksana tugas Camat Bola ini memaparkan bahwa beberapa Kepala Desa di Kabupaten Wajo telah berakhir masa jabatan-nya tahun 2014 ini.

Namun, diantara mereka (Kepala Desa, red), sudah ada yang memasukkan laporan dan telah ditindak lanjuti dengan pergantian pejabat sebagai pelaksana tugas melalui SK Bupati.

Syamsul juga menjelaskan, untuk tahun ini, tidak ada pemilihan berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri. Pemilihan Kepala Desa nanti bisa dilaksanakan mulai tanggal 1 Januari 2015 dan dilakukan secara bertahap.(aci)