Maulid Nabi, Bupati Ingatkan Warga Peduli Lingkungan

2016-01-16 20.13.08Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru menyalami warga yang hadir dalam acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Kecamatan Penrang

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru mengimbau masyarakat untuk lebih dekat dan mencintai alam serta makhluk hidup di-sekitarnya, apakah itu hewan, pepohonan ataupun tanah, air dan udara.

Dia menilai pengrusakan terhadap alam oleh sebab dan akibat apapun, meski diperuntukkan bagi kepentingan ummat manusia pasti berpengaruh pada kelestarian dan keseimbangan alam.

Misalkan saja, melakukan pencetakan sawah dengan tidak diimbangi penanaman pohon jelas akan merubah kondisi lingkungan. Meski diketahui bersama bahwa pencetakan sawah yang dilakukan tersebut tidak lain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan untuk kepentingan masyarakat.

“Disini memang dibutuhkan kepedulian, bahwa setiap perubahan yang dilakukan atas tanah dan tanaman harus disertai dengan perbaikan, misalkan saja melakukan penanam pohon dikawasan pencetakan sawah agar keseimbangan alam dikawasan tersebut tetap terjaga,” terang Bupati saat beri sambutan dalam acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1437 H/2016 M di Kecamatan Penrang, Jumat, 15/1.

Bayangkan jika kondisi alam rusak, sambung Bupati, dimana-mana pasti akan terjadi bencana, apakah itu banjir, tanah longsor, kabut asap dan atau wabah penyakit yang mengganggu kesehatan bahkan mengancam jiwa manusia.

“Oleh itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersikap peduli dan mencintai alam sekitarnya. Coba kita renungkan jika alam ini rusak, udara tidak berhembus, bencana dimana-mana, kita semua pasti akan punah. Padahal, selaku ummat yang taat akan ajaran Nabi Besar Muhammad SAW, kita semua diharuskan untuk menjaga alam jagat raya ini beserta makhluk hidup di-sekitar kita,” pungkas Bupati. (aci)