Mengkhawatirkan, Kadar Tanah Persawahan di Wajo Kelebihan UREA

Ketua KNPI Wajo Camat Penrang Andi Muh Baso Iqbal

Wajo, MC – Kandungan tanah lahan pertanian di Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo kurang stabil dan alami pengrusakan karena kelebihan kandungan pupuk UREA. Akibatnya, kadar tanah kurang subur dan tidak efektif lagi untuk bercocok tanam.

Camat Penrang Andi Muh Baso Iqbal B mengungkap hal itu mengutip hasil penelitian mahasiswa magang Sekolah Tinggi Tekhnologi Pertanian (STTP) Kabupaten Gowa di kecamatan Penrang, Kamis 19/5.

Mantan Lurah Bulu Pabbulu Kecamatan Tempe ini menjelaskan kondisi kerawanan seperti yang dimaksud diperoleh dari hasil lab sample tanah persawahan masing-masing desa di kecamatan Penrang.

“Hasilnya seperti itu, kadar tanah tidak stabil karena mengandung UREA. Tentu, kondisi itu akan berdampak pada produktifitas pertanian di kecamatan Penrang dan mungkin secara keseluruhan di Kabupaten Wajo,” ujar Baso melalui via ponselnya kepada MEDIACELEBES, Kamis 19/5.

Untuk mengantisipasi kerawanan itu, sambung Baso, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan para Gapoktan, Penyuluh Pertanian Kecamatan (PPK) serta para Penggiat Pertanian lainnya untuk membahas hasil penelitian tersebut.

Bahkan, untuk menjaga kondisi pertanian tetap stabil, para penggiat pertanian ini turun menginformasikan hasil penelitian dan mengajak para petani untuk bersikap telaten dalam penggunaan pupuk berimbang.

“Upaya itu kami lakukan demi untuk menjaga kestabilan hasil pertanian, kita coba untuk mengubah pola pikir petani agar meninggalkan pola lama, bersikap peduli dan tidak asal menggunakan pupuk tanpa memperhatikan dampak kerusakan yang dialami,” terang Iqbal.

Ketika ditanya ketersediaan pupuk didaerahnya, Baso mengaku tidak temukan kendala. Ia bahkan menerangkan bahwa sejak beberapa tahun terakhir distribusi pupuk didaerahnya lancar.

“Menjadi kendala saat ini adalah mengubah pola pikir petani untuk meninggalkan pola lama, dan beralih pada penggunaan pupuk secara berimbang dan tepat waktu,” papar Baso. (SIPD/K)