Mudahkan Pelayanan, RSUD Lamadukelleng Siapkan Petugas Costumer Service

Direktur RSUD Lamadukelleng Sengkang, dr Baso Rahmanuddin saat memperkenalkan program baru RSUD Lamadukelleng (Costumer Service) kepada para wartawan

Wajo, MC – RSUD Lamadukelleng Sengkang terus melakukan pembenahan dan menggelontarkan program untuk memaksimalkan, memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah berhasil menyediakan sistem pengelolaan administrasi keuangan berbasis online atau lebih dikenal dengan billing hospital system beberapa waktu lalu, kali ini rumah sakit type C ini kembali melaunching program dan menyediakan sistem pelayanan costumer service (CS).

Bertempat dipintu utama kantor RSUD Lamadukkelleng Sengkang, beberapa orang petugas berparas cantik dengan uniform khusus ditugaskan untuk memberikan informasi dan penjelasan tentang mekanisme dan sistem pelayanan rumah sakit.

“Costumer service ini bertugas untuk memberikan informasi dan penjelasan terkait sistem dan mekanisme pelayanan dirumah sakit, misalkan saja tentang pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), mekanisme pengobatan, pembayaran kamar rawat, obat dan beberapa penjelasan lainnya menyangkut pelayanan dirumah sakit,” terang Kepala RSUD Lamadukelleng Sengkang, dr Baso Rahmanuddin, Sabtu, 18/4.

Tidak itu saja, costumer service ini pula bertugas untuk menerima aduan atau keluhan dari pasien atau keluarga pasien terkait pelayanan rumah sakit, dimana dalam penanganannya akan ditindak lanjuti oleh Unit Pelayanan Pengaduan (UPP) yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit.

“Jadi, ketika ada kendala ataupun keluhan terkait pelayanan dalam bentuk apapun, maka masyarakat atau pasien dapat menyampaikannya kepada petugas costumer service, nanti akan diberikan penjelasan dan tidak perlu mengadu kepada dokter atau petugas medis lainnya. Cukup menyampaikan keluhan atau kendala yang ditemukan itu kepada petugas costumer servicenya,” tambah Rahmanuddin.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo ini mengungkap bahwa petugas costumer service yang direkrut sebelumnya memiliki dasar pengetahuan atau background pendidikan kesehatan, sehingga ada sinkronisasi antara tugas dan fungsi yang diembang sebagai penyedia layanan.

“Intinya disini adalah pihak RSUD Lamadukelleng berkomitmen untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, ketersediaan petugas Costumer Service ini adalah upaya merestorasi metode pelayanan rumah sakit agar lebih mudah, efesien dan bermanfaat kepada masyarakat,” terang Rahmanuddin. (adv)

Penulis : Nur Asri