NasDem : Guru Perlu Regulasi Perlindungan

IMG_87501 Anggota Komisi X DPR RI Fraksi NasDem Yayuk Sri Rahayuningsih

Jakarta, MC – Anggota Komisi X DPR RI Fraksi NasDem Yayuk Sri Rahayuningsih menyatakan DPR perlu berinisiatif membuat ‎regulasi yang mengatur proses belajar mengajar yang tepat di sekolah.

“Menurut saya perlu regulasi karena guru juga harus dilindungi,” katanya, Selasa (12/7).

Hal itu diungkapkan Yayuk menyikapi adanya beberapa kasus guru yang dilaporkan muridnya ke polisi hanya karena dicubit. Kasus guru mencubit siswa ini mencuat di Sidoarjo, Jawa Timur, dan sempat sampai ke pengadilan.

Di publik sendiri muncul suara yang pro dan kontra dengan tindakan yang dilakukan oleh sang guru.‎

“Gimana ceritanya ini, jaman sudah berubah. Kalau dulu murid dimarahi, dihukum guru, biasa, dan efeknya murid takut. Bisa membuat efek jera. Zaman sekarang guru menghukum murid baru di cubit sudah kena pasal pelanggaran HAM,” ujarnya.

Pro kontra terhadap kasus ini membuat legislator yang membidangi Komisi bidang pendidikan ini menegaskan, tidak cukup adanya surat perjanjian antara sekolah dan orangtua siswa saja.

“Sekarang guru sudah tidak bisa lagi menggunakan kekerasan. Sudah bukan jamannya, mereka harus diatur oleh sebuah regulasi. Banyak saat ini guru yang diperkarakan karena menghukum muridnya,” cetusnya. (Diolah dari sumber MEDIACELEBES)