Nonton 17-an, Warga Sompe Keluhkan Pungutan Jasa Parkir

Wajo, MC – Pentas malam kesenian rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 69 tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Panitia penyelenggara di Lapangan Sompe Kecamatan Sabbangparu menuai sorotan dari warga.

Sorotan warga itu mengemuka setelah panitia pelaksana, mewacanakan untuk melakukan pungutan retribusi jasa parkir kendaraan kepada para penonton yang datang menyaksikan pentas seni siswa sekolah ini.

Informasi tersebut diperoleh Media Celebes melalui via BBM salah seorang warga, Siang tadi, Jumat, 15/8.

Menanggapi hal itu, Lurah Sompe, Tusman, yang dimintai keterangan menyayangkan keluhan tersebut. Menurut-nya, wacana tentang dilakukan-nya pungutan retribusi jasa parkir kendaraan, belum dilaksanakan.

“Dan kalaupun penarikan pembayaran dilakukan, maka panitia menganggap hal itu sebagai bentuk partisipasi timbal balik antara masyarakat dengan panitia pelaksana dalam hal keamanan kendaraan,” terang Tusman melalui Via Ponsel-nya.

Ditambahkan, wacana penarikan retribusi parkir tersebut pernah di-bahas dalam rapat, dan saat itu, rencana tersebut ditolak oleh beberapa peserta rapat. Hanya saja, aku Tusman, karena peserta rapat yang tidak setuju ini tidak memberikan solusi.

“Sementara, kami juga tidak bisa memutuskan sendiri, karena yang mengusul wacana ini adalah panitia bidang keamanan. Jelas-nya, sejauh ini, panitia belum pernah menarik pembayaran retribusi dari masyarakat dan kalaupun ada perubahan maka akan dibicarakan kembali,” terang Tusman.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Wajo, Rahman Rahim yang dimintai tanggapan terkait hal itu menerangkan bahwa semua bentuk penarikan pembayaran kepada masyarakat harus memiliki dasar hukum.

“Dan kalaupun penarikan pembayaran itu dibenarkan berdasarkan hukum, maka yang berhak melakukan pungutan adalah Petugas resmi, bukan petugas dadakan,” terang Rahman. (aci)