Panjat Pinang Warnai Festival Danau Tempe

Wajo, MC – “Terus naik, sedikit lagi, ayo kamu pasti bisa, tarik saja hadiah-nya”, demikian sorak ratusan penonton yang hadir menyaksikan lomba panjat pinang yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Wajo di-pinggir sungai pesisir danau tempe, Minggu, 31/8.

Lomba panjat pinang dengan hadiah menggiurkan ini menjadi salah satu suguhan dalam acara Festival Danau Tempe. Perlombaan yang terbuka untuk umum ini di-ikuti oleh anak umur belasan tahun.

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru, Wakil Bupati A Syahrir Kube Dauda, Forum Kominda serta para Kepala SKPD yang hadir kesempatan itu tampak semangat menyaksikan acara tersebut.

Selain perlombaan panjat pinang, Festival bertajuk Pesta-nya Rakyat Pesta Kita Semua (Lake Tempe Festival is Citizen dan Our Festival) ini juga menyuguhkan atraksi seni “Mappadendang”, Lomba Hias Perahu antar SKPD dan Lomba Balap Perahu.

Dalam sambutan-nya, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru berharap kegiatan ini dilestarikan. Menurut-nya, Festival Danau Tempe adalah budaya warisan leluhur sebagai wujud kesyukuran masyarakat kepada Sang Pancipta atas hasil nelayan yang diperoleh dari Danau Tempe.

“Untuk itu budaya ini harus dilestarikan, dilaksanakan setiap tahun, dan bila perlu pemerintah akan menganggarkan pengadaan perahu untuk masing-masing SKPD. Jadi, setiap tahun, kita adakan lomba perahu hias dalam Festival ini,” ucap Burhanuddin.

(Penulis : Arlin)