Panwaslu : Caleg Jangan Siapkan Kambing Hitam

Wajo, MC – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wajo mengajak para Calon Legislatif (Caleg) yang ikut bersaing dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) periode 2014 – 2019 ini untuk tidak mencari kambing hitam bilamana nanti-nya kalah dalam persaingan kursi DPRD Wajo.

Ajakan Panwaslu itu sebagai bentuk penolakan bilamana ada yang mengatakan lembaga-nya tidak bekerja dan memilih diam.

Divisi Umum Panwaslu Wajo, A Bau Mallarangeng mengutarakan hal itu menanggapi komentar-komentar yang beredar bahwa, Panwaslu Wajo tidak bekerja dan memilih diam dalam moment Pileg ini.

“Caleg yang berkomentar seperti itu, mungkin sudah merasakan kekalahan-nya, jadi dia (Caleg) mempersiapkan kambing hitam untuk disalahkan kalau nantinya kalah,” ungkap Bau Mallarangeng melalui Via BBM-nya, Senin, 7/4.

Beberapa hari sebelumnya, Bau Malla menjelaskan bahwa dalam penanganan pelanggaran pemilu, Panwaslu punya kewenangan, dan kewenangan itu terbatas berdasarkan Undang-undang Pemilu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Kewenangan yang dimiliki Panwaslu, lanjutnya, tidak sama dengan kewenangan lembaga lain seperti pihak kepolisian dan lembaga lainnya.

“Jadi kalau ada yang berkomentar Panwaslu tidak bekerja, berarti Caleg itu belum mengerti akan kewenangan Panwaslu,” ujar Bau Mallarangeng.

Sebelumnya, Bau Mallarangeng juga menerangkan bahwa selama tahapan Pileg ini berlangsung, Panwaslu Kabupaten Wajo belum menerima laporan terkait adanya pelanggaran, sama seperti yang diungkap A Hasanuddin anggota Panwaslu Wajo lainnya, Minggu 6/4 kemarin.

“Kami belum menerima laporan dari Caleg, maka-nya kami anggap proses pencaleg-an ini aman dan tidak ada yang melanggar,” pungkas Bau Mallarangeng.

Sebelumnya pula, diluar berdasarkan pantauan, berbagai anggapan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Panwaslu Kabupaten Wajo ditanggapi bermacam-macam, ada yang mengatakan Panwaslu tidak bekerja dan memilih diam bahkan ada pula yang mengatakan, saat ini pintu rumah warga terbuka, kalau Panwaslu malah tertutup. (aci)