Panwaslu : Kalau Ada Bukti Riil, Kita Proses

Wajo, MC – Menjelang 3 minus H pemilihan umum legislatif (Pileg) periode 2014-2019 ini, Panitia pengawas pemilu menegaskan para Caleg untuk menurunkan atribut kampanye-nya.

Hingga batas waktu tertentu,atribut masih terpasang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melalui rekomendasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menurunkan secara paksa.

Panwaslu Kabupaten Wajo, A Hasanuddin mengungkap hal itu, minggu 6/4.

Dijelaskan, atribut kampanye hingga hari H 9 april mendatang harus bersih dan tidak lagi ditemukan terpasang ditempat/fasilitas umum.

“Tadi, kami baru saja mengikuti rapat bersama dengan KPU dan pihak-pihak terkait, memasuki minggu tenang ini, tidak ada lagi aktifitas kampanye,” ungkap Hasanuddin.

Selain mengingatkan untuk penertiban atribut, Hasanuddin juga menyila-kan bagi siapapun yang menemukan atau mengalami tindak pelanggaran money politic.

Menurut-nya, siapapun itu, pasti akan ditindak lanjuti bilamana bukti tentang tindak pelanggaran money politik memenuhi syarat dan bertentangan dengan peraturan KPU (PKPU) untuk diproses hukum-kan.

“Kalau ada laporan dan bukti riil, pasti akan kita proses, syarat untuk melakukan pemeriksaan kan jelas, harus ada laporan dan temuan. Namun, hingga saat ini Panwaslu belum menerima laporan, maka-nya, kami anggap tidak ada Caleg yang melanggar,” terang Hasanuddin. (aci)