Panwaslu Wajo : “Baru Caleg Sudah Melanggar, Bagaimana Kalau Jadi Anggota Dewan”

Caleg-Caleg Nakal, Kena Sempritan

Wajo, MC – Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wajo memberikan peringatan sekaligus sanksi moral bagi para Caleg-caleg (Calon legislatif) nakal.

Alat peraga, yang dinilai melanggar aturan PKPU 15 tahun 2013 ditempeli dengan sticker pelanggaran. Penempelan sticker ini dimaknai sebagai bunyi sempritan bagi para Caleg nakal yang tidak menghiraukan aturan-aturan.

“Penempelan sticker itu adalah teguran sekaligus sanksi moral bagi Caleg yang nakal, bagaimana mau jadi legislator DPRD jika saat nge-Caleg saja sudah melakukan pelanggaran, bagaimana nanti kalau sudah terpilih,” ungkap A Bau Mallarangeng, Panwaslu Wajo, Jumat, 7/2.

Dijelaskan, dalam aturan PKPU 15 tahun 2013 diatur jelas bahwa pemasangan alat peraga sama sekali tidak boleh dilakukan di fasilitas umum seperti tiang listrik, pohon, sekolah, kantor pemerintah ataupun kendaraan dinas.

“Namun, nyata-nya masih banyak yang melakukan hal itu, memasang alat peraga di-fasilitas umum, maka-nya kami beri sempritan dan menyarankan KPU untuk menindak lanjuti pelanggaran tersebut dengan memberi sanksi administrasi kepada para Caleg yang melanggar,” terang Bau Mallarangeng. (Kha)