Pejabat Berlatar Belakang Guru, Dikembalikan

Wajo, MC – Pergeseran posisi pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo mulai bergerak. Kali ini, Pemkab melalui kebijakan Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru, mengembalikan beberapa pejabat berlatar belakang guru ke-fungsinya masing-masing.

Pejabat yang dikembalikan fungsi-nya tersebut adalah mereka yang dulunya memangku jabatan di-jajaran struktural.

Berdasarkan informasi, mereka yang dikembalikan ke-jajaran fungsional, diantaranya, Muh Arif Sekretaris DPKD Wajo, Muh Arafah Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Wajo, A Rustam Kabid Ketahanan Pangan Wajo dan beberapa pejabat eselon IV yang berlatar belakang guru, berlaku sejak diterima-nya surat keterangan dari BKDD Wajo.

Plt BKDD Wajo Amiruddin, yang dihubungi mengungkap bahwa pengembalian posisi pegawai berlatar belakang guru tersebut merupakan kebijakan pemerintah Kabupaten untuk memenuhi kekurangan guru di Wajo.

Menurut-nya, pergeseran dari jajaran struktural ke-fungsional akan dilaksanakan secara bertahap.
Amir menjelas-kan, selain berpedoman pada kebijakan Bupati, pergeseran itu juga sejalan dengan kebijakan Menteri Aparatur Negara (Menpan) yang berlaku sejak tahun 2004 lalu tentang pembatasan tenaga guru menduduki jabatan struktural.

“Pengembalian pejabat fungsional ini merupakan kebijakan pemerintah yang dipertegas dalam aturan Menpan tahun 2004 tentang pembatasan tenaga guru menduduki jabatan struktural, kecuali, jabatan struktural yang berkaitan langsung dengan bidang pendidikan, itu boleh saja diangkat dari jabatan guru,” jelas Amir melalui seluler-nya, Minggu, 10/11.(aci)