Pelayanan STNK Samsat Siwa Mudahkan Warga

Wajo, MC – Pelayanan kantor bersama Samsat Pembantu Siwa Kecamatan Pitumpanua memudahkan warga. Meski baru beroperasi sebulan lebih, atau sejak aktif berkantor 15 Desember lalu, pelayanan ini mendapat apresiasi penuh dari masyarakat.

Seperti yang diungkap oleh salah seorang warga kepada mediacelebes.com, Senin, 19/1. Sebut saja namanya Hasanuddin, dia mengaku pelayanan yang diberikan petugas di kantor ini cukup baik. Bahkan aku warga, untuk kepengurusan surat-surat kendaraan, pelayanan yang diberikan lebih cepat dan memudahkan.

“Proses pengurusan surat-surat simple dan tidak lama menunggu. Kami merasa terbantu dengan hadirnya pelayanan Samsat di kecamatan ini,” pungkas warga.

Hal sama juga diutarakan oleh Ruskal, salah seorang warga yang kebetulan mengesahkan surat-surat kendaraannya (STNK). Dia beri respon positif akan pelayanan petugas kantor ini. Katanya, meski hanya dua orang yang bertugas, namun, pelayanan tetap jalan dan tidak merepotkan.

“Kami diberikan penjelasan akurat, apa yang kami tanyakan menyangkut tentang surat-surat kendaraan semuanya dijelaskan dengan baik. Bagi kami pelayanan seperti inilah yang diharap dari para petugas,” pungkas Ruskal.

Sementara itu, Kanit Regident Samsat Pembantu Siwa, AIPTU H Amirullah yang ditemui diruang kerjanya mengungkap bahwa sejak aktif, kantor ini telah menyelesaikan pengesahan STNK motor dan mobil sebanyak 294 lembar dengan rincian ; 159 STNK per tanggal 31 Desember 2014 dan 135 STNK per 2 Januari 2015.

Dia menjelaskan bahwa untuk pelayanan pengesahan pajak kendaraan, Samsat pembantu siwa berusaha untuk menyelesaikan kepengurusan dalam sehari.

“Kecuali STNK yang masa penanggalannya telat, maka harus dikirim ke Sengkang meski hanya terlambat sehari. Namun bila pengesahan STNK itu tepat waktu, maka hari itu juga warga bisa membawanya pulang. Jadi, warga tidak perlu repot-repot lagi membawa ke Sengkang, cukup daftarkan pengesahan STNK kendaraan di Siwa,” terang Amirullah.

Hanya saja, lanjutnya, ditengah padatnya rutinitas kerja, Samsat Siwa masih terkendala dengan sarana dan prasarana perkantoran yang dimiliki. Sehingga, untuk memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan standar pelayanan, pihak Samsat Siwa membutuhkan ketersediaan peralatan-peralatan.

“Saat ini, kami hanya memiliki 1 unit laptop dan 1 unit modem sehingga tentu untuk memperlancar pelayanan, sarana dan prasarana harus ditambah. Begitupula dengan ketersediaan kantor, sangat dibutuhkan tentunya karena selama ini pelayanan masih dilakukan di kantor kecamatan Pitumpanua,” pungkas Amirullah.

Untuk diketahui, untuk saat ini, pelayanan melalui Samsat ini hanya diberikan oleh dua orang petugas, masyarakat dari hasil pantauan memilih selesaikan pengesahan STNK kendaraan mereka di Siwa dibanding ke Sengkang.

Begitupula warga asal Kabupaten Luwu Selatan, memilih berkunjung ke kantor Samsat pembantu Siwa dibanding harus ke Belopa untuk selesaikan surat-surat kendaraan mereka.

Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kecamatan Pitumpanua, Sultan menilai hadirnya kantor pembantu tersebut meringankan masyarakat dalam sisi ekonomi. Kalau dulu, warga untuk melakukan pengesahan harus keluarkan biaya dan luangkan waktu untuk ke Sengkang, kini sejak tersedianya layanan masyarakat tidak perlu lagi ke Sengkang.

“Mereka cukup membawa surat-surat kendaraan ke kantor Samsat Pembantu Siwa, bisa selesai dalam sehari,” pungkas Sultan. (red)