Pemandangan Umum Fraksi PDI-P DPRD Wajo Terhadap Rancangan Perda APBD-Perubahan 2015

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN WAJO
FRAKSI PARTAI DEMOKRASI INDONESIA – PERJUANGAN (PDIP-P)

Bismillahir Rahmanir Rahim
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PDI-P (PARTAI DEMOKRASI INDONESIA-PERJUANGAN)
TERHADAP RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG ANGGARAN PEMERINTAH DAN BELANJA DAERAH TAHUN 2015

• Saudara Pimpinan Rapat Paripurna Dewan yang saya hormati,
• Saudara Bupati dan Wakil Bupati Wajo yang saya hormati,
• Saudara Wakil Ketua dan Para Anggota DPRD Kabupaten Wajo yang saya hormati,
• Saudara Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo yang saya hormati,
• Saudara Ketua Pengadilan Negeri Sengkang yang saya hormati,
• Saudara Ketua Pengadilan Agama Sengkang yang saya hormati,
• Saudara Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo beserta seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo yang saya hormati,
• Para Tenaga Ahli Fraksi DPRD Kabupaten Wajo yang saya banggakan,
• serta Saudara Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Pimpinan Organisasi Profesi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM dan Insan Pers, hadirin dan undangan yang saya hormati, Rapat Paripurna Dewan yang saya muliakan.

Salam Kemerdekaan…Puji syukur akan kehadirat Allah SWT atas limpahan Rahmat, Taufiq dan Hidayah-Nya, sehingga kita dapat hadir diruang Rapat Paripurna ini dalam keadaan sehat wal afiat untuk menyelesaikan suatu proses pembahasan yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Wajo.

Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada ;

1. Sdr. Pimpinan Rapat yang telah memberikan kesempatan kepada Fraksi PDI – Perjuangan guna menyampaikan Pemandangan Umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD – Perubahan Tahun 2015 dan kepada ;
2. Sdr. Bupati Wajo yang telah menyampaikan sambutan sebagai pengantar awal untuk dilakukannya pembahasan.

Rapat Dewan dan Hadirin yang Kami Hormati,

Sebagaimana diketahui bersama bahwa penyusunan anggaran perubahan dilakukan melalui kebijakan umum perubahan anggaran pemerintah dan belanja daerah. Hal ini secara jelas diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Penyusunan kebijakan umum anggaran tersebut dilakukan berdasarkan asumsi perkembangan ekonomi, kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah dan kebijakan pembiayaan daerah yang dikondisikan dengan kemampuan keuangan daerah, kondisi perekonomian serta laju inflasi dalam daerah.

Penyusunan dan pembahasan perubahan anggaran itu pula dimaksudkan untuk menyesuaikan program dan kegiatan prioritas yang sifatnya mendesak untuk diselesaikan pada tahun berkenan. Dari penyusunan dan pembahasan itu kemudian, dilakukan perubahan anggaran terhadap APBD Pokok dan dilakukan sinkronisasi pagu anggaran serta pergeseran program dan kegiatan oleh masing-masing Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

Rapat Dewan yang Terhormat,

Berdasarkan draft kebijakan umum perubahan anggaran tahun 2015, terdapat 26 Urusan Wajib dan 8 Urusan Pilihan untuk dibahas, diteliti dan disepakati bersama antara pihak Eksekutif dan pihak Legislatif DPRD Kabupaten Wajo.

Penyusunan kebijakan umum perubahan anggaran tersebut dimaksudkan untuk menjadi pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyusun Prioritas dan Palfon Anggaran Sementara (PPAS) untuk selanjutnya ditindak lanjuti oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Panitia Anggaran Legislatif menjadi Rancangan APBD-Perubahan.

Dalam draft tersebut dirincikan perubahan terhadap APBD Pokok Tahun 2015 yang didasari dengan Perubahan Asumsi Dasar Kebijakan Umum APBD, Perubahan Kebijakan Pendapatan Daerah dan Perubahan Kebijakan Belanja Daerah yang dapat diuraikan seperti dibawah ini :

Perubahan asumsi dasar kebijakan umum APBD disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya penyesuaian acress untuk gaji PNS, terjadinya perubahan pendapatan, dilakukannya penyesuaian kebijakan pusat terkait penambahan DAK, adanya penyesuaian kebijakan terhadap program rehabilitasi pasar sentral sengkang, penyesuaian anggaran pendidikan gratis dan dana bagi hasil pajak rokok, pengalihan pelayanan kesehatan gratis menjadi BPJS, serta adanya hasil perhitungan SILPA tahun anggaran 2015 dan beberapa asumsi lain-nya yang turut berpengaruh pada postur anggaran APBD Pokok.

Begitu juga dengan Perubahan Kebijakan Pendapatan Daerah yang sebelum-nya ditargetkan sebesar (1 Trilyun 137 Milyar Lebih) pada anggaran pokok, meningkat menjadi (1 Trilyun 309 Milyar Lebih) atau naik sebesar 15,12 persen pada perubahan anggaran tahun ini.

Demikian pula dengan pertimbangan Perubahan Kebijakan Belanja Daerah yang mengalami pergeseran dan penambahan sebesar (324 Milyar Lebih). Sehingga, secara keseluruhan untuk anggaran pokok dan perubahan tahun 2015 ini dapat diakumulasikan menjadi (1 Trilyun 491 Milyar Lebih) dari target (1 Trilyun 164 Milyar).

Rapat Dewan dan Hadirin yang Kami Hormati,

Mangacu dari gambaran tersebut diatas, maka kami dari Fraksi PDI-P dapat mencermati beberapa hal sekaligus menitip catatan khusus kepada Pemerintah Kabupaten Wajo agar kiranya dalam pelaksanaan program pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dapat bekerja secara maksimal, tepat waktu dan tepat sasaran.
Diharapkan pula dalam pelaksanaan kegiatan, baik fisik maupun non fisik berjalan sesuai dengan perencanaan serta rampung hingga batas waktu yang ditentukan dan tidak menyeberang pada tahun anggaran selanjutnya.

“Khususnya kegiatan yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)”.

Saudara Pimpinan Rapat Paripurna Dewan yang Saya Hormati,

Dari beberapa hal yang kami kemukakan tadi, maka dengan mengucap Bismilahir Rahmanir Rahim, Fraksi PDI-P menyatakan Dapat Menerima Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah – Perubahan (APBD-P) Tahun 2015 untuk dibawa kedalam rapat pembahasan selanjutnya.

Sebagai tambahan, mewakili ketua dan seluruh anggota Fraksi PDI-P DPRD Kabupaten Wajo mengucapkan selamat kepada Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru bersama jajaran atas keberhasilan-nya mengusung Kelurahan Tancung – Kecamatan Tanasitolo menjadi Juara dalam Lomba Kelurahan Terpadu yang dilaksanakan oleh Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan beberapa saat lalu. Dan atas kehormatan yang diterimanya untuk hadir dalam acara Temu Nasional pada Rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-70 di Istana Negara.

Begitupula kepada Pihak RSUD Lamadukelleng, kami ucapkan selamat atas predikat yang disandang sebagai Rumah Sakit Type C Pertama di Indonesia yang menerapkan Program e Hospital Billing sehingga dinobatkan menjadi rumah sakit percontohan dan tempat bagi rumah sakit lain-nya di Sulawesi Selatan untuk belajar dan melakukan Studi Banding.

Dan terakhir, tak lupa kami haturkan selamat dan sukses atas terlaksananya kegiatan Launching 1000 Hari Kehidupan di Kabupaten Wajo Tahun 2015. Semoga melalui program tersebut, Angka Kematian Ibu Hamil dan Anak dapat terantisipasi dan menurun dari tahun – tahun sebelumnya.

Demikian pemandangan umum Fraksi PDI-P DPRD Kabupaten Wajo, sebelum mengakhiri, tak lupa kami ucapkan “DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA Ke – 70”, Semoga dengan Semangat Kemerdekaan yang tertanam dalam sanubari, menjadikan kita semua lebih giat bekerja dan berbakti kepada agama, nusa, bangsa dan daerah yang kita cintai ini.
Atas kesempatan yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah, Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Sengkang, Agustus 2015

Juru Bicara Fraksi PDI-P DPRD Wajo

(Ir. A. GUSTI MAKKARODDA)

Ketua Fraksi PDI-P DPRD Wajo

(BASO ODDANG, SE)

(Tidak untuk di-copy atau disadur, terima kasih)