Pembahasan Ranperda Pilkades Sempat Alami Scorsing

Wajo, MC – Pembahasan tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang mengatur tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Wajo berjalan dengan alot.

Informasi yang dihimpun, rapat pembahasan yang dilaksanakan siang tadi, (Selasa, 9/12) berjalan sekitar 4 jam lebih. Saking alotnya pembahasan, rapat bahkan sempat scorsing karena rembug yang dilaksanakan belum membuahkan kata sepakat.

Ketua Pansus, Sumardi Arifin yang dihubungi melalui via ponselnya tak menampik hal itu. Dia mengaku rapat yang dipimpinnya tadi sempat discorsing.

Menurutnya, scorsing rapat dilakukan karena pembahasan cukup serius dan masing-masing anggota pansus memberikan pendapat terkait isi pasal dan ayat yang ada dalam Ranperda.

“Benar, pembahasannya cukup alot, bahkan sempat alami scorsing karena belum temukan kata sepakat dari para anggota Pansus,” ujar Sumardi melalui via ponselnya usai rapat.

Namun demikian, Sumardi mengungkap bahwa pembahasan Ranperda ini dilanjutkan malam ini untuk membahas item per item pasal dan ayat yang tersisa.

“Rapatnya kita lanjutkan malam ini dengan agenda pembahasan pasal tentang syarat calon kepala desa dan calon pemilih,” terang Sumardi.

Untuk diketahui Ranperda yang mengatur tentang tata cara pelaksanaan Pemilihan, Pengangkatan dan Masa Jabatan Kepala Desa ini diajukan oleh pihak eksekutif sejak sebulan lalu.

Dari empat Ranperda yang diajukan, pembahasan Ranperda yang mengatur tentang Pilkades ini merupakan pembahasan ketat dan memakan waktu cukup lama.

Berbeda dengan Ranperda tentang Sistem Perlindungan Anak (SPA). Berdasarkan keterangan dari Ketua Pansus Ranperda SPA Hj Husniaty HS, mengungkap bahwa pembahasan tentang perlindungan anak ini telah dirampungkan sejak beberapa pekan terakhir.

“Kalau Ranperda tentang SPA sudah rampung, sisa menunggu penetapan,” ungkap Husni.

Penulis : Nur Asri, SH