Pemda Siapkan Berkas Embung – Embung, Presiden ; “Januari Saya Tengok Wajo”

Presiden RI, Joko Widodo beri arahan dalam acara penerimaan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) 2016 di Istana Negara, Bupati Wajo (tampak dari belakang) setelah Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman

Wajo, MC – Pemerintah Kabupaten Wajo dalam waktu dekat akan membawa dan menyerahkan rangkuman hasil pencetakan embung-embung pada dua kementerian terkait, yakni ; kementerian pertanian dan kementerian desa, pembangunan desa tertinggal dan transmigrasi (Kemendes, PDTT).

Rangkuman itu sebagai bahan pendukung kelengkapan berkas untuk menyambut kedatangan Presiden RI, Joko Widodo di Kabupaten Wajo dan atas dicanangkannya program pencetakan embung-embung menjadi program nasional.

“Saya sudah perintahkan PMD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan) dan Dinas Pertanian untuk merangkumkan data hasil pencetakan embung-embung, setelah itu berkas akan diantar ke kementerian untuk dikaji dan diperhadapkan kepada Presiden”, ujar Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru usai mengikuti rapat paripurna penetapan Perda APBD Pokok 2017 di Gedung DPRD, Senin, 27/12 malam tadi.

Selain untuk dijadikan sebagai bahan kajian, rangkuman hasil cetak embung-embung juga akan dijadikan sebagai bukti bahwa pemerintah daerah kabupaten Wajo telah menerapkan program tersebut sejak 7 tahun terakhir ditingkat desa dan kelurahan.

“Pemerintah pusat akan menelisik lebih dalam program pencetakan embung-embung ini, sekaligus ingin mengecek kebenaran bahwa di Kabupaten Wajo telah dilakukan pencetakan sebanyak 3000 lebih titik”, tutur Bupati.

Presiden ; “Januari Insya Allah Saya Tengok Wajo”

Sebelumnya, dalam acara penyerahan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara 2016 di Istana Negara, Jakarta, Rabu 30/11 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap kesiapan untuk berkunjung ke Wajo.

”Kalau dapat cerita produksi kita meningkat, entah cabai, padi, jagung kedelai, saya pasti tengok (ke daerah tersebut – red). Januari insya Allah saya tengok Wajo, Sulawesi Selatan, karena sudah bikin embung banyak sekali “, kata Presiden.

Sebagai informasi, Presiden kesempatan itu menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara kepada para figur berprestasi dalam upaya pembangunan, yaitu Adhikarya Pangan Nusantara 2016 untuk 73 penerima di 5 kategori: Pelopor, Pemangku, Pelaku, Pelayanan dan Pembina. (Red/MC)