Pemda Wajo Gagas Program “Bank Masuk Desa”

Kepala BPMPDK Wajo1Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri

Wajo, MC – Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo tahun 2016 ini mencoba untuk memfasilitasi kerjasama antar lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan lembaga Perbankan di Kabupaten Wajo.

Sedianya, kerjasama bertajuk “Bank Masuk Desa” ini akan diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman masing-masing lembaga yang melakukan perikatan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo Syamsul Bahri mengungkap, kerjasama ini lebih pada pendekatan saling membutuhkan, dalam artian bahwa lembaga yang mengikatkan diri saling menopang satu sama lainnya.

“BUMDes menopang lembaga Perbankan dalam hal perluasan jumlah nasabah, begitupun sebaliknya lembaga Perbankan memfasilitasi BUMDes dengan bantuan permodalan ketika akan melakukan pengembangan usaha,” ujar Syamsul Bahri kepada MEDIACELEBES, Rabu 27/4.

Ketika ditanya keterlibatan pemerintah daerah dalam kerjasama tersebut, mantan Camat Bola ini mempertegas bahwa pemerintah daerah dalam kapasitas melakukan pembinaan dan memfasilitasi pelaksanaan kerjasama.

“Adapun pengaturan lebih lanjut akan dilakukan oleh masing-masing lembaga yang melakukan perikatan, dan pemerintah daerah tetap pada fungsinya yakni melakukan pembinaan dan mengawal pelaksanaan pemerintahan desa, termasuk diantaranya pembinaan terhadap pengelolaan usaha BUMDes,” pungkas Ancu (sapaan Syamsul Bahri). (SIPD/K)