Pemda Wajo Gagas Program Open Village SIPP De, UNHAS Beri Apresiasi

Kepala Dinas PMD, Syamsul Bahri saat beri sambutan dalam acara Dialog Interaktif (Foto : Red/MC)

Wajo, MC – Pemerintah kabupaten Wajo dalam waktu dekat akan melaunching program penyebarluasan informasi melalui website desa. Program bertajuk Open Village – SIPP De (Sistem Informasi Pemerintah dan Pembangunan Desa) ini merupakan program terpadu antara pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa.

Sedianya program tersebut akan diresmikan oleh Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap hal tersebut dalam acara dialog interaktif di Aula Gedung BBC Sengkang, Selasa, 25 April 2017.

Menurutnya, program tersebut digagas untuk menciptakan pemerintahan desa yang transparant, profesional dan akuntable. Melalui sarana website, pemerintah desa dapat memuat konten terkait progress pembangunan, profil dan promosi desa, serta berbagai konten lainnya berkaitan dengan pengelolaan dan penggunaan anggaran desa.

Para peserta yang hadir dalam acara dialog interaktif (Foto : Red/MC)

“Website itu kemudian terkoneksi secara langsung dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten serta dapat diakses oleh seluruh masyarakat”, ujar Syamsul Bahri.

Lanjut dijelaskan bahwa keterbukaan informasi seperti yang dimaksud diamanahkan dalam undang-undang tentang desa, dan sudah merupakan hak dari seluruh warga negara untuk mendapatkan informasi secara terbuka dan utuh, termasuk informasi dari kalangan pemerintah.

“Melalui program itu, secara tidak langsung menggiring pemerintah desa untuk bersikap terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat. Selain itu, program tersebut juga dapat membuka partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam pengawalan dan pelaksanaan pembangunan didesa”, jelas Bahri.

Dialog interaktif bertema “Mewujudkan Pemerintahan Desa yang Transparant, Profesional dan Akuntable” tersebut menghadirkan beberapa pemateri, diantaranya ; Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (UNHAS), Prof Dr Hamka Naping dengan materi “Tranparansi dalam Pembangunan Desa”, Prof Dr Haselman dengan materi “Tranparansi dalam Pemerintah Desa”, serta materi tentang “Website Desa” yang dibawakan oleh Andi Lukman Irwan, Dosen FISIP UNHAS.

Dosen FISIP UNHAS, Andi Lukman Irwan saat beri materi (Foto : Red/MC)

Disela materinya, Prof Dr Hamka Naping menilai gagasan tersebut sangat tepat dan sejalan dengan program Nawacita Presiden RI, Joko Widodo guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan terbuka. Ia mengapresiasi pemerintah daerah kabupaten Wajo atas gagasan programnya.

“Kedepan, program Open Village SIPP De ini bisa menjadi percontohan, karena sejauh ini belum pernah ada kabupaten/kota di Sulsel yang menerapkan program tersebut, ini menurut kami patut diapresiasi”, tuturnya.

Hadir dalam acara dialog, diantaranya ; para camat, kepala desa, pendamping desa, LSM dan insan pers. (SIPD/K)