Pemerhati Ekonomi : Dukung Saran Pemerintah Wajo

Wajo, MC – Kebijakan pemerintah untuk melakuka relokasi sementara pasca terjadinya kebakaran di pasar sentral sengkang mendapat respon penuh dari pemerhati ekonomi dan bisnis di Wajo.

Pemerhati mengungkap, langkah yang diambil pemerintah cukup tepat, berazas manfaat lebih dan rasional.

Seperti yang diungkap oleh H Arif, menurut-nya, kebijakan pemerintah untuk merelokasi pedagang berefek pada stabilitas ekonomi dan sosial masyarakat kota Sengkang dan Wajo pada umum-nya.

Dijelaskan, relokasi sementara seperti yang diharapkan pemerintah tidak untuk mengebiri aktifitas usaha para pedagang di-pasar sentral.

“Justru sebaliknya, upaya itu ditawarkan untuk menjaga kelancaran dan kesinambungan usaha para pedagang,” jelas Arif di Sengkang, Kamis 18/10.

Dikatakan, pemerintah juga dianggap berpikir jangka panjang, dimana, faktor kerawanan keselamatan jiwa manusia sangat resisten jika warga ngotot menempati losd pasar-nya tanpa pengkajian mendalam dari ahli konstruksi bangunan.

“Tentu, jika warga tetap bersikeras menempati losd tanpa penjelasan riset dan tekhnologi dari para ahli, maka yang ada hanya perasaan takut akan terjadi musibah runtuh-nya bangunan dan pasti akan berefek pada minat pengunjung pasar untuk berbelanja ditempat itu,” terang Arif.

Dari pertimbangan itu, jelas Arif, jika pemerintah bertegas, maka sebaik-nya segera mencari tempat untuk relokasi sementara dengan asumsi tidak membebani pedagang dan bersedia untuk merenovasi pasar bila kondisi bangunan masih layak untuk ditempati.

“Namun bila bangunan pasar sudah tidak layak lagi untuk ditempati dan efek-nya membahayakan warga, maka, pemerintah harus bertegas dengan pertimbangan keselamatan jiwa manusia,” terang Arif.(aci)