Pemerintah Gelar Pameran, Warga Ketiban Duren

20160315_161410Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru saat mengunjungi stand pameran buah dan kuliner di kecamatan Pitumpanua

Wajo, MC – “Pemerintah Gelar Pameran, Warga Ketiban Duren”. Setidaknya, demikian perumpamaan yang bisa dipetik dalam pelaksanaan Pameran Buah dan Kuliner bertajuk “Pitumpanua Durian Expo” yang digelar pemeritah di Desa Jauh Pandang, Kecamatan Pitumpanua, Selasa (15/3).

Betapa tidak, pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru mengungkap kesiapan untuk membagikan bibit pohon kepada seluruh warga Pitumpanua.

Tidak tanggung-tanggung, bibit yang akan dibagikan ini berjumlah 9500 pohon terdiri dari ; bibit durian sebanyak 9000 pohon ditambah bibit nangka 500 pohon.

“Pemerintah daerah akan membagikan bibit pohon kepada seluruh warga, paling sedikit dua atau tiga pohon per-rumah, nanti dalam penyalurannya akan dilakukan oleh pemerintah kecamatan,” ungkap Bupati disela acara pameran.

Dijelaskan, bibit pohon ini disiapkan oleh masing-masing empat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yakni ; Dinas Pertanian dan Peternakan Wajo sebanyak 5000 pohon, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Wajo sebanyak 2000 pohon, serta Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Wajo juga berjumlah 2000 pohon.

20160315_162528Ketgam : Ketua TP PKK Kabupaten Wajo, Hj A Faikah Burhanuddin mencicipi kuliner olahan buah durian dalam pameran

“Ketiga SKPD ini melakukan pengadaan bibit durian, sedangkan untuk bibit nangka, itu akan disiapkan oleh Badan Ketahanan Pangan sebanyak 500 pohon,” pungkas Bupati.

Camat Pitumpanua, Andi Mamu mengutarakan bahwa, kegiatan pameran terlaksana atas dukungan dan partisipasi masyarakat setempat yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi hasil bumi dan kekayaan alam yang ada di Pitumpanua kepada masyarakat luas.

Selain itu, pameran juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan serta masyarakat se Pitumpanua.

Kedepan, kata Mamu, pemerintah bersama masyarakat Pitumpanua berharap kepada Bupati Wajo (A Burhanuddin Unru, red) untuk mencanangkan Desa Jauh Pandang sebagai salah satu Desa Agro Wisata tingkat Kabupaten Wajo berskala nasional.

Hadir dalam acara, Kapolres Wajo, AKBP Muh Guntur, Komandan Kodim 1406 Wajo, Letkol Inf Abd Azis, Sekretaris Daerah (Sekda) Wajo, HM Firdaus Perkesi serta para Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Pitumpanua. (SIPD/K)