Pemerintah Umumkan Hari H Pilkades Serentak di Wajo

Kepala Dinas PMD Wajo, Syamsul Bahri bersama Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Bambang Siswanto (depan) saat beri paparan terkait jadwal dan tahapan Pilkades Serentak Gelombang  Kedua 2017 di Kabupaten Wajo (Foto : MC)

Wajo, MC – Pemerintah kabupaten Wajo menetapkan jadwal dan tahapan pemilihan kepala desa serentak gelombang kedua tahun 2017.

Penetapan jadwal dan tahapan tersebut ditetapkan melalui Peraturan Bupati Wajo (Perbup) yang diawali pada tanggal 1 Agustus 2017 dan hari H pemilihan jatuh pada tanggal 21 Oktober 2017 mendatang.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menerangkan sedianya pemerintah telah menyusun agenda tahapan diawal bulan juli 2017 lalu, namun diundur kerena menunggu hasil revisi peraturan daerah (Perda) tentang tata cara pemilihan, pemberhentian, pelantikan dan masa jabatan kepala desa.

Ia menjelaskan bahwa revisi yang dilakukan hanya pada pasal yang mengatur tentang domisili bakal calon dan merujuk pada putusan Mahmakah Konstitusi (MK). Sementara aturan lainnya dalam Perda tidak alami perubahan.

“Perubahan hanya pada bagian itu (aturan domisili, red), aturan lainnya tidak-ji. Jika dulu syarat yang ditentukan bagi bakal calon harus bertempat tinggal didesa yang dimaksud minimal 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran, sekarang tidak lagi. Semua warga bisa ikut mencalonkan diri sepanjang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku”, ujar Syamsul Bahri saat membuka Rapat Persiapan dan Sosialisasi Pilkades Serentak Gelombang Kedua, di Aula Pertemuan kantornya, Senin, 31 Juli 2017.

Selain mengurai jadwal dan tahapan pemilihan serta penyebab dilakukannya revisi Perda, mantan Camat Bola ini juga mengumumkan kembali nama-nama desa yang akan melaksanakan Pilkades diantaranya ;

Kecamatan Pitumpanua ;
1. Desa Jauh Pandang
2. Desa Lacinde
3. Desa Buriko
4. Desa Bau-Bau
5. Desa Alelebbae
6. Desa Bulu Siwa
7. Desa Botto Tengnga
8. Desa Kaluku
9. Desa Lompo Bulo
10. Desa Padang Loang
11. Desa Kompong
12. Desa Mattirowalie
13. Desa Maccolliloloe

Kecamatan Sabbangparu ;
14. Desa Ugi
15. Desa Salotengnga

Kecamatan Takkalalla ;
16. Desa Parigi

Kecamatan Pammana ;
17. Desa Lampulung
18. Desa Tonrong Tengnga

Kecamatan Tanasitolo ;
19. Desa Waetuwo
20. Desa Wewangrewu

Kecamatan Belawa ;
21. Desa Leppangeng

Kecamatan Penrang ;
22. Desa Temmabarang
23. Desa Benteng

Kecamatan Bola ;
24. Desa Rajamawellang

Kecamatan Keera ;
25. Desa Keera
26. Desa Awota

Hadir dalam acara, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Wajo, Bambang Siswanto, beberapa Camat, Kepala Desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) yang akan melaksanakan pemilihan.

(Open Village – SIPP DE)