Pemkab Akan Pindahkan Terminal Callaccu Sengkang

Ketgam : Bupati Wajo A Burhanuddin Unru saat memimpin Gerakan Kebersihan di Kota Sengkang

Wajo, MC – Pemerintah kabupaten Wajo akan memindahkan Terminal Callaccu Sengkang ke Terminal Regional yang berlokasi di Jl Sawerigading (jalur dua) Kelurahan Cempalagi Kecamatan Tempe. Sedianya pemindahan itu akan dilakukan secara bertahap hingga rampung tahun 2017 mendatang.

Sebagai langkah awal, Pemerintah akan melakukan sosialisasi pemindahan dan memberikan informasi kepada publik tentang rencanan penataan terminal Callaccu pasca pemindahan nantinya.

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru mengungkap hal itu saat memimpin gerakan jumat bersih yang dilaksanakan di kawasan terminal callaccu Sengkang, Jumat, 16/1.

Menurutnya, pemindahan terminal Callacu dilakukan pemerintah karena tiga hal. Yang pertama adalah pemindahan terminal dilakukan untuk mengembalikan terminal callaccu Sengkang pada fungsi sebenarnya, Kedua, dengan pemindahan maka kemacetan yang terjadi dikawasan itu akan segera terantisipasi dan ketiga adalah dengan pemindahan terminal maka akan terbuka lapangan usaha untuk masyarakat.

“Namun, sebelum melakukan pemindahan, pemerintah akan melakukan pembersihan sekaligus sosialisasi tentang wacana pemindahan terminal. Kita akan jadikan terminal callaccu sebagai ruang terbuka hijau, setelah penataan nantinya, pemerintah akan memberi ruang bagi masyarakat yang ingin berjualan diseputaran kawasan RTH tersebut. Tapi dengan catatan, lapak yang digunakan bukan lapak permanen,” pungkas Bupati disela pembersihan.

Lebih lanjut Burhanuddin paparkan bahwa, pemindahan terminal tidak secara serentak dilakukan. Pemerintah lebih dulu akan membenahi terminal regional Cempalagi. Infrastrukturnya dilengkapi dan akses-akses jalan akan dibuka. “Begitupula terminal callaccu, akan ditata dengan baik dan tidak ditinggalkan begitu saja. Jadi, saya harap masyarakat bisa mengerti dan sejalan dengan pemerintah dalam konsep penataan ini,” terang Bupati.

Pantauan dilokasi, Pemerintah daerah melakukan pembersihan lokasi di Jl Lafabbe Sengkang. Pemerintah menurunkan alat berat untuk membongkar bangunan semi permanen yang terpasang dibahu jalan. Pemerintah juga akan melakukan pekerjaan selokan yang selama ini buntu dan menjadi penyebab meluapnya air selokan ketika musim penghujan.

Dinilai, dengan terbukanya akses jalan tersebut, juga bisa mengantisipasi kemacetan kendaraan dikawasan pasar sentral sengkang, utamanya pada jam puncak arus kendaraan. (adv)

Penulis : Nur Asri, SH