Pemkab Ganti Rugi Lahan Bendung Paselloreng

Wajo, MC – Pembayaran ganti rugi kepada warga pemilik lahan yang berlokasi di kawasan bangunan Bendung Paselloreng, Desa Paselloreng Kecamatan Gilireng segera dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Wajo.

Selasa, 21 Oktober 2014 mendatang, pembayaran kepada 37 orang pemilik lahan ini akan dilakukan dengan objek pembebasan lahan seluas 19 hektare.

Kepala Bagian Adm Pemerintahan Kabupaten Wajo, A Pallawarukka, Minggu, 19/10 mengungkap, anggaran yang disiapkan untuk pembayaran ganti rugi lahan ini sebesar Rp2milyar.

Dana itu, kata Mantan Camat Tempe ini, diperoleh dari Anggaran Pemerintah dan Belanja Negara (APBN) tahun 2014 dengan pertimbangan bahwa pembayaran dilakukan setelah kedua belah pihak dalam hal ini pemerintah kabupaten Wajo dengan masyarakat pemilik lahan “sepakat”.

“Pembebasan lahan ini diatur dalam Undang-undang nomor 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah,” pungkas Pallawarukka.

Lebih lanjut mantan Camat Tempe ini mengutarakan, bahwa lahan yang dibebaskan ini sepenuhnya digunakan untuk pembangunan konstruksi tapak bendungan dan pembukaan akses jalan.

“Setelah ganti rugi dilakukan, maka pekerjaan konstruksi fisik bendungan sudah bisa dimulai, paling tidak akhir tahun ini pembangunannya sudah berjalan,” tandas Pallawarukka.

(Penulis : Nur Asri, SH)