Pemkab Optimis Laksanakan Pilkades Serentak Bulan Maret

Wajo, MC – Pemerintah Kabupaten Wajo menggadang-gadang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) jatuh pada bulan Maret 2015 mendatang.

Instansi terkait dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo telah menyusun tahapan berikut jadwal pelaksanaan Pilkades serentak untuk 108 Desa se Kabupaten Wajo.

Namun demikian, pemerintah terkait tahapan tersebut tetap menunggu Pengesahan Rancangan Perda (Ranperda) tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemilihan, Pelantikan Pemberhentian dan Masa Jabatan Kepala Desa oleh DPRD Kabupaten Wajo.

“Kalau Perda sudah ditetapkan, maka tahapan Pilkades sudah bisa dimulai,” ungkap Syamsul Bahri, Kepala BPMPDK Kabupaten Wajo kepada mediacelebes.com, Senin, 2 Februari 2015.

Ditambahkan, jadwal tahapan Pilkades telah lama disusun, hanya saja pemerintah tidak ingin memulai tahapan bila Perda belum disahkan. Pemerintah dalam hal ini taat aturan dan tidak ingin melampaui regulasi yang ada.

“Kalau berbicara jadwal tahapan, kami sudah lama melengkapinya. Namun belum bisa dilaksanakan karena harus menunggu penetapan Perda. Kalau Perda disahkan pada pertengahan bulan Februari ini, maka hari H Pilkades bisa dilaksanakan bulan Maret. Hanya saja, kami tidak bisa pastikan, apakah pelaksanaannya awal, pertengahan atau akhir bulan,” pungkas Syamsul.

Seperti diketahui Ranperda tentang Pilkades ini masih ditangani oleh DPRD Kabupaten Wajo. Lembaga legislatif ini menunda pengesahan karena menunggu peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) yang baru saja ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Wajo, Sumardi Arifin yang dihubungi mengungkap bahwa dengan diterbitkannya Permendagri tentang Pilkades ini maka dengan sendirinya Ranperda yang sempat ditangguhkan akan dibahas kembali.

Dia memperkirakan Ranperda tentang tata cara pemilihan, pelantikan pemberhentian dan masa jabatan kepala desa yang diajukan oleh pihak eksekutif ini bisa disahkan pertengahan bulan februari 2015 ini.

“Insya Allah kita akan jadwalkan penetapan paling lambat pertengahan bulan februari,” kata Sumardi.

Penulis : Nur Asri, SH