Pemkab Porsikan Jalan Beton untuk Belawa – Sabbangparu

Bupati Wajo 2 Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Pemerintah Kabupaten Wajo mulai berpikir untuk menggunakan bahan aspal sebagai bahan dasar perkerjaan jalan di beberapa daerah rawan banjir. Sebagai gantinya, pemerintah akan menggunakan bahan campuran semen (beton).

Hal diungkap Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru dalam dialog jelang buka puasa di kecamatan Sabbangparu, beberapa hari lalu.

Menurutnya, kondisi tanah dibeberapa titik rawan banjir memaksa pemerintah untuk membuat jalan dari bahan beton, meski anggaran yang digunakan lebih besar dibanding jalanan aspal.

“Kita upayakan beberapa ruas di kecamatan Belawa dan Sabbangparu dibangunkan jalan beton, kedua daerah itu rawan banjir sehingga yang cocok hanya jalan beton, bukan jalan aspal,” ujar Bupati dihadapan warga.

Ditambahkan, selain diakibatkan genangan air, penyebab lain kerusakan jalan yang dialami karena struktur tanah yang terbilang labil, ditambah lagi tonase kendaraan yang melintas tidak sebanding dengan kemampuan jalan.

“Faktor-faktor itulah yang membuat jalanan kita di Wajo ini sering alami kerusakan, dan tentu resiko seperti itu harus dihadapi. Namun yang menjadi penting adalah, bagaimana masyarakat bisa melakukan aktifitas dengan ketersediaan infrastruktur. Tidak apa-apa jalanan sering rusak yang penting hasil bumi masyarakat bisa dipasarkan dan pendapatan masyarakat lebih meningkat,” ulas Bupati. (aci)