Pemkab Salurkan 26.650 Ekor Itik Ternak

Wajo, MC – Pemerintah Kabupaten Wajo terus melakukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan.

Setelah menyalurkan bantuan sapi untuk dikembang biakkan, tahun ini juga pemerintah menyalurkan bantuan ternak itik kepada para kelompok tani ternak yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Wajo.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Wajo, IB Putu Artana melalui Kepala Bidang Peternakan, Muh Yunus mengungkap bahwa, hingga akhir tahun 2014 ini pemerintah telah menyalurkan bantuan itik ternak sebanyak 26.650 ekor kepada para penerima.

“Bantuan tersebut berasal dari 1100 ekor dialokasikan melalui dana APBD Kabupaten Wajo dan 25.500 ekor sisanya melalui APBD Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkap Yunus, baru-baru ini.

Dijelaskan bahwa, itik yang disalurkan itu merupakan bantuan kepada kelompok tani ternak yang ada disejumlah kecamatan seperti Sabbangparu, Tempe, Tanasitolo, Belawa, Keera, Majauleng dan Takkalalla.

Sementara untuk bantuan melalui APBD kabupaten di salurkan didua kecamatan yakni kecamatan majauleng dan kecamatan penrang dimana setiap kecamatan mendapatkan 550 ekor itik.

“Mereka mendapatkan bantuan itik untuk kembangkan sesuai dengan visi-misi Bupati untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itik, pemerintah juga menyalurkan bantuan ayam petelur ke sejumlah kelompok tani ternak yang ada di kecamatan belawa dan kecamatan maniangpajo,” tandasnya. (red)