Pemkab Siapkan 100 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Rapat Penganggulangan BanjirRapat koordinasi bahas penganggulangan banjir di Wajo

Wajo, MC – Pemerintah menyiapkan 100 ton beras untuk korban banjir yang melanda masyarakat di beberapa kecamatan di Kabupaten Wajo. Sedianya, bantuan beras itu disalurkan setelah dilakukan pendataan jumlah korban yang terkena dampak banjir.

Demikian penuturan Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru dalam rapat koordinasi dengan jajaran Muspida, SKPD terkait dan para Camat di Ruang Rapat Kantor Bupati, Kamis, 11/6.

“Beras itu akan disalurkan secara berjenjang dan hanya satu pintu, Wajo punya stock beras sebanyak 100 ton dan itu akan dimanfaatkan untuk membantu warga yang terkena dampak banjir,” kata Bupati.

Stock beras yang dimaksud Bupati dipasok dari Perum Bulog Sub Divre Regional Sengkang. Dia berharap agar dalam penyalurannya tidak dipermainkan oleh oknum tak bertanggungjawab.

“Untuk itu saya berharap kepada Pers dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) melakukan pengawasan terkait penyaluran beras ini. Saya juga meminta agar penyaluran beras hanya dilakukan oleh pemerintah bersama jajarannya, hal itu dilakukan untuk memudahkan pertanggungjawaban,” harap Bupati.

SekedarĀ  diketahui, hingga kini genangan air akibat banjir masih mendera masyarakat di kecamatan Belawa, Maniangpajo, Tanasitolo, Tempe, Sabbangparu, Pammana dan Bola.

Meski belum menelan korban jiwa, namun arus banjir yang terjadi selama sepekan terakhir merusak ribuan hektar lahan pertanian warga. Genangan air dan arus banjir juga merusak beberapa ruas jalan dan fasilitas umum lainnya, khususnya di Belawa dan Sabbangparu. (aci)