Pemkab Ujicoba Transplanter, Petani Diajak Lebih Modern

Wajo, MC – Kamis, 4/9, Bertempat di-Ongkoe Kecamatan Belawa, Bupati Wajo Drs. H A Burhanuddin Unru bersama Wakil-nya, A Syahrir Kube Dauda, melakukan penanaman perdana padi dengan menggunakan peralatan modern, Transplanter (mesin penanam padi).

Ujicoba peralatan modern Transplanter ini dilaksanakan oleh PT Sygenta Indonesia, salah satu perusahaan yang intens menggalakkan pertanian modern di Kabupaten Wajo.

Uji coba pengoperasian Tranplanter merupakan pertama kali-nya untuk Pemerintah Kabupaten Wajo, meski sebelum-nya alat modern ini sudah tersebar sebanyak lima unit di Kecamatan Belawa, Majauleng dan Sabbangparu.

Usai mengoperasikan Transplanter, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru mengajak masyarakat untuk mengubah pola pikir bertani, dari cara konvensional menjadi pola bertani secara modern.

Menurut-nya, pola bertani dengan menggunakan peralatan modern bermanfaat untuk mengirit waktu, efesien pekerjaan dan menjanjikan produktifitas tanam yang lebih maksimal.

“Masyarakat sebaik-nya mengubah pola pikir bertani secara konvensional menjadi modern. Memanfaatkan rekayasa tekhnologi untuk mengolah lahan dan tanaman. Bila pola itu diterapkan, maka produktifitas lahan dan tanaman pertanian masyarakat bisa lebih meningkat dari sebelum-nya,” ungkap Burhanuddin disela sambutan-nya.

Transplanter misalkan, lanjut Burhanuddin, adalah terobosan tekhnologi yang memiliki banyak kelebihan. Untuk itu bila masyarakat mengiyakan, pemerintah bisa memberi bantuan subsidi dengan asumsi bahwa bantuan handtraktor dihentikan dan diganti dengan Transplanter.

“Harga per-unitnya Rp80juta, jadi, kalau masyakarat setuju pemerintah bisa mensubsidi hingga Rp10juta, sehingga, harga Transplanter yang dikenakan kepada masyarakat hanya sebesar Rp70juta,” terang Burhanuddin.

(Penulis : Ekha)