Pemkab Wajo Lakukan Penanaman Pohon

Wajo, MC – Gerakan penanaman satu juta pohon dilaksanakan pemerintah Kabupaten Wajo, Jumat, 27/12. Bupati Wajo A Burhanuddin Unru bersama jajaran Muspida dan para kepala SKPD melakukan penanaman di kelurahan Lamaddukkelleng – Sengkang.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Bupati Wajo mengatakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia tersebut untuk memotivasi dan membangkitkan semangat masyarakat menanam pohon.

Selain itu, kegiatan penanaman juga bertujuan untuk membangun dan merestorasi ekosistem secara global.

Dijelaskan, secara nasional, pemerintah telah melakukan penanaman sebanyak 1,14milyar pohon. Sementara khusus Sulawesi Selatan, dari luas 4,5juta Hektare luas lahan, 50persen diantaranya telah ditanami sebanyak 23,9juta pohon.

“Inti dari gerakan ini dimaknai sebagai gerakan moral masyarakat untuk ber-kontribusi terhadap sadar lingkungan, baik di-Sulsel atau dimanapun masyarakat itu berada,” terang Burhanuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Wajo, A Darwin Tjukke menjelaskan gerakan penanaman sejuta pohon serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia

Khusus kabupaten Wajo, kata Darwin, gerakan penanaman dilakukan bersama melalui bantuan kepada para kelompok tani sebanyak 300ribu batang, 8.720batang untuk penenaman ditempat fasilitas umum, dan bantuan bibit pohon lapis untuk pembuatan bahan tripleks sebanyak 5000 batang dan jenis ini paling diganrungi masyarakat. (aci)