Pemkab Wajo Siapkan Randis Untuk Penyuluh Pertanian

“Tahun 2014 ini 93 Unit, Tahun Depan 50 Unit”

Wajo, MC – Penyuluh pertanian di Kabupaten Wajo kembali mendapat bantuan kendaraan dinas dari pemerintah. Bantuan yang diberikan berupa sepeda motor merk Yamaha Jupiter sebanyak 93 unit.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Wajo A Burhanuddin Unru kepada perwakilan penyuluh untuk selanjutnya disalurkan kepada para penyuluh lainnya se Kabupaten Wajo melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Wajo.

Acara penyerahan kendaraan operasional ini dilaksanakan di Halaman kantor Bupati, Jl Rusa Sengkang, Rabu, 17/12.

Kepala Seksi Alat dan Mesin Pertanian, Mustari mengungkap, bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pemerintah dan Belanja Negara (APBN) tahun 2014. Dia menjelaskan, anggaran yang digunakan ini secara keseluruhan berjumlah Rp1,3 Milyar lebih.

“Sebenarnya anggaran yang disiapkan untuk pengadaan kendaraan dinas ini sebesar Rp1,4Milyar, namun, yang digunakan hanya sebesar Rp1,3Milyar lebih. Dana ini memang diperuntukkan untuk para penyuluh pertanian di Kabupaten Wajo,” ungkap Mustari.

Ditambahkan, jumlah penyuluh di Kabupaten Wajo sebenarnya berjumlah 148 orang yang terbagi atas 97tenaga organik dan 51 tenaga pegawai tidak tetap (PTT). Agar pembagian kendaraan operasional ini bisa merata kepada penyuluh, pemerintah kembali akan melakukan pengadaan pada tahun anggaran 2015 mendatang.

“Tahun 2015 mendatang pemerintah kembali akan melakukan pengadaan untuk mencukupi jumlah kendaraan yang disalurkan tahun ini. Pemerintah daerah telah mendapat bantuan anggaran dengan sumber anggaran yang sama, dari DAK tahun 2015. Anggaran yang tersedia tersebut sebesar Rp800juta lebih untuk pengadaan 50unit lebih kendaraan roda dua,” pungkas Mustari.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, IB Putu Artana mengungkap kendaraan dinas ini akan disalurkan kepada para penyuluh berdasarkan kesenioran penyuluh.

Dalam artian bahwa, yang pernah mendapat kendaraan dinas sebelumnya dari pemerintah akan digantikan dengan kendaraan baru, sedangkan untuk kendaraan lama harus dikembalikan dan selanjutnya diserahkan kepada para penyuluh yang belum pernah mendapat bantuan kendaraan.

“Disini, Dinas Pertanian berbicara senioritas yang pada intinya seluruh penyuluh yang bertugas di Kabupaten Wajo akan mendapat kendaraan dinas untuk kelancaran tugas mereka,” pungkas Putu.

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru mengatakan, bantuan kendaraan operasional tersebut sejatinya untuk mempermudah penyuluh melaksanakan tugasnya.

“Tentu dengan harapan, dengan ketersediaan sarana dan prasaran yang diberikan oleh pemerintah bisa digunakan sesuai peruntukannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pertanian di Kabupaten Wajo,” terang Bupati.

Penulis : Nur Asri, SH